Home Jelajah Jalan-Jalan

Pasar Djadoel Mata Kucing, Perut Kenyang di Tengah Hutan sampai Berkuda di Kebun Binatang

1139
Pengelola Pasar Djadoel menyediakan penukaran voucher dengan uang sebagai sistem pambayaran di pasar ini./may sarah

Penulis: May Sarah, Traveler

Barakata.id – Pasar Djadoel di Hutan Wisata Mata Kucing tak pernah sepi pengunjung tiap akhir pekan. Sensasinya unik dengan konsep baru. Jalan-jalan menikmati suasana hutan sambil nyemil jajanan pasar atau sekadar memberi makan binatang di kebun binatang mini. Bisa naik kuda juga keliling hutan.

Setelah pemerintah memberlakukan New Normal sejak Juni 2020, beberapa tempat wisata pun mulai dibuka dengan konsep baru wisata normal baru. Pengunjung wajib mematuhi protokol kesehatan. Wajib bermasker, suhu tubuhnya diukur dan wajib mencuci tangan.

Begitu juga dengan Hutan Wisata Mata Kucing yang ada di Sekupang, Kota Batam. Mata Kucing menciptakan konsep wisata baru yang dinamai Pasar Djadoel. Tidak setiap hari, Pasar Djadoel hanya diadakan tiap Sabtu dan Minggu. Selalu ramai. Pasar ini diramaikan usaha kecil mikro dan menengah. Banyak sekali gerai kuliner yang memanjakan lidah pengunjung.

Konsep baru tapi juga menerapkan new normal. Untuk masuk ke lokasi wisata, pengunjung akan diukur suhu tubuh, kemudian menggunakan handsanitizer. Pengunjung harus menyiapkan uang masuk. Rp15.000 untuk dewasa dan jangan lupa Rp2.000 untuk biaya parkir motor.

Jam Operasional Pasar Djadoel Mata Kucing

Pasar Djadoel
Penjual kuliner di Pasar Djadoel./may sarah

Pasar Djadoel diadakan hampir seharian. Mulai jam 8 pagi dan tutup jam 6 sore. Tak heran kalau datang jam 12 siang area wisata sudah ramai pengunjung. Aku mulai berkeliling area untuk mencari makanan sesuai selera, maklum saja memang sudah waktunya makan siang.

Oh iya, selama berada di Pasar Djadoel, pengunjung tidak bisa belanja dengan menggunakan uang cash ya. Sistem berbelanja di sini menggunakan uang dari kertas yang sudah disediakan oleh pengelola dengan pecahan nominal 5, 10, dan 20 ribu.

Jadi, pengunjung harus menukarkan dulu uangnya di konter yang sudah disediakan di depan pintu masuk pasar. Dan penjual di sana juga tidak diperbolehkan menerima uang cash dari pengunjung. Jika melanggar aturan tersebut, maka penjual di sana akan diberikan sanksi.

Jenis jajanan yang ditawarkan begitu banyak. Mulai dari sego pecel, nasi babat sambal hitam, roti jala, lakse, putupiring, ayam taliwang, nasi rawon, aneka gorengan dan masih banyak lagi dengan harga mulai dari Rp5 ribu hingga Rp20 ribu.

Begitu juga dengan aneka minuman segar seperti cendol, kopyor, es buah, jeruk peras, cincau juga dibanderol dengan harga mulai dari Rp10 ribu hingga Rp15 ribu.

Baca Juga:

Surga Wisata Bintan, Berikut Tempat Wajib Kamu Kunjungi

Mini Zoo

Pasar Djadoel
Kebun Binatang Mini atau mini zoo./may sarah

Selain untuk berwisata kuliner di Pasar Djadoel, pengunjung juga bisa melihat beberapa hewan yang ada di Hutan Wisata Mata Kucing. Ular Phyton, Iguana, Burung Elang, Kura Kura, Buaya, Monyet dan beberapa satwa lainnya.

Hanya saja hewan hewan di sini sepertinya membutuhkan perhatian lebih baik dari makanan maupun kebersihan kandangnya.

Bagi pengunjung yang ingin berkuda pun bisa. Cukup membayar Rp50.000 untuk dua kali putaran. Spot berkuda ini cukup diminati oleh pengunjung yang berada di sana terutama anak anak.

Pasar Djadoel
Pengunjung bisa berkuda di Mata Kucing./May Sarah

Baca Juga:

Beberapa Alasan Pulau Labun Jadi Destinasi Liburan Akhir Pekan

Kolam Renang Mini

Pasar Djadoel
Kolam renang mini./may sarah

Tak ada hal yang paling menyenangkan bagi anak anak selain bertemu dengan kolam renang. Di dalam kawasan hutan wisata Mata Kucing, pengelola menyediakan fasilitas tersebut.

Lokasi kolam renang berada di belakang Pasar Djadoel. Terdapat dua buah kolam renang, dan ruang tunggu bagi pengunjung.

Jadi sangat cocok sekali jika Pasar Djadoel menjadi pilihan liburan akhir pekan untuk keluarga, dimana tersedia berbagai jenis makanan dan minuman yang bisa dinikmati sembari bersantai melihat aneka satwa. Selamat berwisata, gunakan masker dan tetap jaga kebersihan ya.

***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin