Home Jelajah Jalan-Jalan

Surga Wisata Bintan, Berikut Tempat Wajib Kamu Kunjungi

81
Bintan
Pemancingan Poyotomo, Bintan./May Sarah

Penulis: May Sarah, Traveller

Barakata.id – Pulau Bintan bagi sebagian orang cocok jadi surga wisata: Pantainya syahdu dengan bentangan pasir putih, ditemani terumbu karang dan suara daun berbisik. Tapi panorama Bintan faktanya lebih beragam, menyimpan keunikan lain selain melihat matahari tenggelam.

Bagi yang belum tahu, Pulau Bintan ada di Provinsi Kepulauan Riau, hampir ujung utara Indonesia. Natuna dan Anambas paling ujung utara. Bintan terhubung dengan Selat Malaka dan berhadapan dengan laut lepas yang membentang sampai nunjauh Filipina.

Bukan pulau kalau tak ada pantainya. Bintan adalah surganya pantai. Lautnya sangat indah dan syahdu apalagi saat senja. Pasirnya putih terhampar luas sepajang mata memandang. Takjub. Surga wisata pula karena Bintan memiliki hutan primer dan jejeran bukit yang menyimpan surga indah. Aku memilihkan beberapa tempat wisata di antaranya. Pantai, kolam renang harta karun dan sebuah desa. Kalau pandemi Covid-19 berakhir, mampirlah ke Bintan. Selamat berwisata dan tetap jaga kebersihan yah!.

1. Pantai Lagoi Bay

Lagoi Bay.
Lagoi Bay./May Sarah

Letak pantai berada di dalam kawasan Lagoi. Pantai Lagoi Bay menjadi wisata favorit bagi warga lokal maupun luar. Masuk ke Pantai Lagoi Bay tidak dipungut biaya sepeserpun alias gratis. Tapi ada syaratnya. Pengunjung hanya diminta menjaga kawasan pantai tetap bersih, dan mematuhi peraturan yang ada di area Lagoi Bay.

Di area Pantai Lagoi bay juga diperbolehkan berenang baik untuk dewasa maupun anak-anak. Hanya saja orang tua harus benar-benar mengawasi kegiatan anak berenang di pantai, mengingat ombak di Pantai Lagoi Bay cukup besar. Fasilitas yang disediakan berupa toilet, ruangan ganti baju, musala, taman santai dan ini semua gratis. Kecuali permainan sea sport yang ada disana bisa disewa mulai dari harga Rp50.000 tergantung waktu penyewaan.

Baca Juga:

Beberapa Alasan Pulau Labun Jadi Destinasi Liburan Akhir Pekan

2. Kolam Renang Treasure Bay

Treasure Bay.
Treasure Bay./May Sarah

Jika tak ingin berenang di Pantai lagoi Bay yang ombaknya cukup tinggi, kamu bisa memilih berenang di kolam renang Treasurebay. Kolam renang di sini bukan seperti kolam pada umumnya yang hanya memiliki luas beberapa meter, namun memiliki luas area sekitar 800 meter dengan total keseluruhan luas areanya sekitar 6,3 hektare. Meski masuk ke area Treasurebay pengunjung harus membayar Rp100.000/orang dewasa dan Rp80.000/anak-anak usia 4-12 tahun namun tetap terbayarkan setelah berada di kawasan kolam, karena banyak sekali area bersantai dan spot foto menarik di sana.
Selain berenang ada juga permainan scooter matic, ATV dan masih banyak lagi wahana yang bisa dicoba selama berada di area Treasurebay. Untuk pembayaran permainan di sana, pengunjung diwajibkan membayar dengan kartu debit & kredit karena mereka tidak menerima pembayaran cash. Di sekitaran Treasurebay juga terdapat Camping Glam yang cukup mewah, sehingga tak heran tarif permalam bisa mencapai Rp2 jutaan.

3. Desa Wisata Ekang

Desa Wisata Ekang.
Desa Wisata Ekang./May Sarah

Desa Wisata Ekang merupakan destinasi wisata baru yang ada di Bintan. Lokasinya tak jauh dari kawasan Lagoi. Untuk masuk ke lokasi pengunjung dikenakan biaya sebesar Rp20.000/orang dewasa dan Rp10.000/anak, harga masuk di atas sudah termasuk berenang di kolam renang yang sudah disediakan.

Beberapa Saung dibangun di tepi danau sehingga membuat suasana di Desa Wisata Ekang begitu damai dan syahdu, sehingga cocok banget dijadikan tempat bersantai bersama keluarga. Untuk penginapan juga tersedia di Desa Wisata Ekang dengan harga permalamnya sekitar Rp600.000/malam termasuk sarapan.

Baca Juga:

Tempat Wisata Batam Dibuka, Tamu Wajib Pakai Masker dan Jaga Jarak

4. Pemancingan Poyotomo

Bintan
Pemancingan Poyotomo, Bintan./May Sarah

Terletak tak jauh dari Gunung Bintan, Pemancingan Poyotomo merupakan sebuah taman dan danau yang cocok bagi orang yang senang memancing. Aktivitas lain yang bisa dilakukan selain memancing adalah bersantai di tepi danau pemancingan atau ditaman bunga yang ada di sana. Tersedia kantin untuk pengunjung yang ingin menikmati kuliner dengan harga yang sangat terjangkau. Bagi kamu yang senang menikmati suasana perkampungan yang jauh dari keramaian kota, Poyotomo bisa jadi alternatif penginapan, karena pengelola menyediakan tenda dengan harga Rp80.000 untuk 2 orang.

***

Editor: Candra Gunawan

 

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin