Home Jelajah Seni Budaya

Disbudpar Batam Promosi Batik Ikan Marlin Sampai ke Bali

Promosi Batik Ikan Marlin
Batik ikan marlin dipromosikan dalam Bali Investment, Trade and Tourism Expo 2021 di Level 21 Mall, Denpasar, Bali, 25-28 Maret 2021. (F: Disbudpar Batam)

Barakata.id- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam promosi batik ikan marlin sampai ke Bali. Ikan marlin merupakan salah satu motif batik khas Kota Batam.

Promosi tersebut dikemas dalam kegiatan Bali Investment, Trade and Tourism Expo 2021. Kegiatan diadakan di Level 21 Mall, Denpasar, Bali, 25-28 Maret 2021.

Kepala Disbudpar Batam Ardiwinata mengatakan batik Batam dikenal dengan warna yang terang. Motifnya pun banyak yang terdiri dari biota laut.

Baca Juga:

Meskipun di tengah pandemi, namun respon pengunjung stand Disbudpar Batam sangat positif. Tak hanya warga lokal, tapi warga asing pun banyak yang penasaran dengan apa yang ditampilkan Batam.

“Banyak yang tanya kerajinan apa saja yang berasal dari Batam. Warga Bali pun banyak yang menanyakan batik ikan marlin,” kata Ardi.

Para pengunjung stand juga diberitahu bahwa Batam sangat aman untuk dikunjungi para wisatawan di masa pandemi. Sebab pelaku pariwisata di Batam menerapkan protokol kesehatan dengan ketat.

Wajib memakai masker, menyediakan tempat mencuci tangan, hand sanitizer dan menjaga jarak menjadi hal yang diutamakan di tempat-tempat wisata di Batam.

“Jangan khawatir, Batam aman dikunjungi. Sejumlah hotel dan destinasi wisata sudah bersertifikat protokol kesehatan berbasis CHSE (Cleanliness, Health, Safety, dan Environment Sustainability),” kata Ardi.

Terkait batik ikan marlin yang bikin penasaran bayak pengunjung, Direktur Eksekutif Badan Promosi Pariwisata Daerah (BPPD) Batam, Edi Sutrisno mengatakan batik motif ikan tersebut diinisiasi oleh Ketua Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Batam Marlin Agustina.

Baca Juga:

Di pameran itu, selain motif ikan marlin, motif lain seperti jembatan Barelang dan gonggong pun dihadirkan.

Edi mengatakan, Bali dipilih jadi lokasi promosi karena saat ini Batam sedang menggenjot jumlah kunjungan jumlah kunjungan wisatawan nusantara di masa pendemi.

“Kita ketahui banyak kalangan warga negara asing di Bali dan kita ingin mereka juga tahu pariwisata Batam dan Batik Marlin,” ujarnya.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin