Home Kepulauan Riau Batam

Disbudpar Batam Bikin Bucu Kebudayaan

39
Bucu Kebudayaan Disbudpar
Para pegawai Disbudpar Batam menganyam ketupat di Bucu Kebudayaan yang ada di kantor tersebut. (F: Barakata.id/Disbudpar Batam)

Barakata.id- Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam membuat tempat aktivitas kebudayaan yang diberi nama Bucu Kebudayaan, Kamis (30/7/20). Kata itu diambil dari Bahasa Melayu yang artinya pojok kebudayaan.

Kepala Disbudpar Ardiwinata mengatakan, bucu kebudayaan itu bisa digunakan di waktu istirahat dan waktu luang pegawai. Mereka bisa mempraktekkan sepuluh pokok pikiran kebudayaan daerah.

Ardi mengajak pegawainya untuk beraktivitas kebudayaan. Beberapa yang sudah dilakukan adalah menekat (menyulam) tudung manto, membuat anyaman tikar dan keranjang dari daun pandan. Saat ini yang dilaksanakan adalam membuat anyaman ketupat berbahan daun kelapa.

Baca Juga:
Disbudpar Hijaukan Halaman Gedung LAM dengan Tanaman Bermanfaat

“Ini juga untuk melestarikan tradisi masyarakat Melayu menyambut Hari Raya Idul Adha 1441 H dengan sukacita. Ketupat menjadi menu yang wajib hadir pada perayaan hari raya. Baik Idul Fitri maupun Idul Adha,” kata Ardi.

Selain itu, kegiatan menganyam atau membuat sarang ketupat ini melatih pegawai keahlian baru. Setelah sarang ketupat ini, nantinya pegawai akan dilatih membuat tradisi lain. Sehingga tradisi budaya di bumi Melayu tetap lestari.

“Bucu Kebudayaan ini bagian dari ruang pamer di Kantor Disbudpar. Ruanganya dibuat dengan nuansa Melayu. Dinding dihiasi tabir merah, kuning dan hijau khas Melayu. Lalu ada juga lukisan cogan, serta dipajang alat musik tradisional Melayu,” tutur Ardi.

****

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin