Home Kepulauan Riau

Gesa Pembangunan Kepri, Ansar Siap Gedor Kementerian

Ansar Kepri
Gubernur Kepri, Ansar Ahmad

Barakata.id, Tanjungpinang – Gubernur Kepri, Ansar Ahmad bertekad menggesa pembangunan di seluruh wilayah Kepulauan Riau (Kepri). Untuk mendukung hal itu, ia akan sering menjemput bola ke pemerintah pusat di Jakarta.

Ansar ingin memastikan bahwa setiap program-program kegiatan strategis Pemprov Kepri tetap berjalan baik.

“Kita kawal terus setiap rencana pembangunan strategis yang dari pusat. Jangan sampai kegiatan pembangunan yang kita terima tidak dapat berjalan baik,” tegas Ansar di Tanjungpinang, Kamis (25/3/20).

BACA JUGA : Ansar: Pariwisata Lesu, Ekonomi Kepri Minus

Ansar yakin, dengan semakin sering ia menggedor pintu kementerian, maka pembangunan beberapa kegiatan strategis Provinsi Kepri dapat segera terlaksana. Menurut dia, kegiatan strategis tersebut sangat penting untuk mempercepat upaya pemulihan ekonomi Kepri.

“Pandemi Covid-19 ini memang membuat ekonomi kita terpuruk. Tapi kita harus terus bekerja, ekonomi kita harus dibangkitkan. Salah satunya dengan melaksanakan proyek-proyek strategis agar roda perekonomian masyarakat ikut bergerak,” kata dia.

Mengapa ia harus rajin menjemput bola ke Jakarta, menurut Ansar jika itu tidak dilakukan, ia khawatir rencana kegiatan strategis Pemprov Kepri yang sudah dirancang bakal lamban terlaksana.

Karena itu, ia ingin mengawal setiap kegiatan strategis Kepri ke pusat agar juga mendapat perhatian prioritas dari kementerian.

“Saya berinisiatif untuk sering-sering menjemput bola ke kementerian. Setiap kegiatan kita harus dikawal agar bisa segera terealisasi,” ujarnya.

Optimistis ekonomi Kepri tumbuh 3,5 persen

Sebelumnya, Ansar menyampaikan keyakinannya jika ekonomi Kepri tahun ini bisa tumbuh 1,5 hingga 3,5%. Untuk mewujudkan itu, ia mengajak semua komponen sama-sama berpacu untuk membuat Kepri semakin maju.

Ansar menekankan bahwa setiap daerah di Kepri harus terus mempertajam program yang mendorong produk domestik regional bruto (PDRB) semakin meningkat.

“Jaga faktor-faktor yang mendorong PDRB. Dijaga agar tidak kontraksi sehingga pertumbuhan ekonomi Kepri kembali membaik. Kita yakin tahun ini ekonomi Kepri tumbuh 1,5 hingga 3,5 persen,” kata Ansar saat membuka Musyawarah Perencanaan dan Pembangunan Karimun, di Aula Kantor Bupati, Tanjungbalai Karimun, Rabu (17/3/21) seperti dilansir kominfo.kepriprov.go.id.

BACA JUGA : Ansar Ahmad: Beri Saya Waktu Benahi Pemprov Kepri

Mantan Bupati Bintan dua periode itu pun menyebutkan kalau salah satu sektor yang digesa untuk pemulihan ekonomi Kepri adalah pariwisata. Pemprov Kepri terus membangun komunikasi dengan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif juga dengan Pemerintah Singapura. Karena pendapatan dari sektor ini masih kisaran 10-15 persen.

“Saya sudah melakukan diskusi panjang, konsep, time line, berbicara dengan berbagai pihak agar buka kembali destinasi di Lagoi dan Nongsa Point Marina. Kita akan vaksinasi semua pelaku pariwisata agar sektor ini bisa aktof dan bergairah lagi,” kata dia.

Setelah vaksinasi berjalan, pada 21 April ini dua lokasi wisata terpadu itu akan mulai menerima wisman. Setelah itu akan dipelajari untuk membuka kawasan-kawasan wisata lainnya.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin