Home Jelajah Kuliner

Putu Piring, Makanan Khas Melayu yang Manis dan Gurih

Putu Piring Khas Melayu
Putu piring menjadi salah satu kuliner khas Melayu yang ada di Batam Wonderfood Ramadan. (F: Disbudpar Batam)
Banner Pemprov Kepri

Barakata.id, Kuliner- Putu piring merupakan makanan khas Melayu. Di Batam ada beberapa outlet yang menjual camilan ini. Tapi tempatnya tertentu.

Putu piring merupakan makanan yang berbahan dasar tepung beras. Kemudian di bagian tengahnya dibubuhi gula merah. Kue ini disajikan dengan kelapa parut. Rasanya manis dan gurih.

Putu piring ini menjadi salah satu takjil yang kerap dijual di bazar-bazar Ramadan. Salah satunya di Batam Wonderfood Ramadan. Bazar Ramadan yang digelar oleh Dinas Kebudayaan dan Pariwisata (Disbudpar) Batam.

Advertisement

Baca Juga:

Putu piring yang ada di bazar tersebut memiliki varian rasa cokelat, srikaya dan original. Biasanya putu berwarna hijau, tapi putu khas melayu berwarna kuning. Warna tersebut berasal dari kunyit.

Kepala Disbudpar Batam Ardiwinata mengatakan, putu piring cocok jadi takjil karena rasanya yang manis legit ketika digigit.

“Saat digigit gula merah akan lumer bersama kue putunya apalagi ada parutan kelapanya,” kata Ardi, Jumat (16/4/21).

Ardi mengatakan, kuliner tradisional khas Melayu seperti putu piring ini dicari setiap bulan Ramadan. Makanya bazar yang diselenggarakan di Taman Dang Anom itu diberi tema Jom Balek Kampong.

Batam Wonderfood Ramadan itu digelar mulai 10 April sampai 2 Mei mendatang. Selain putu piring, di bazar tersebut banyak kuliner tradisional yang bisa jadi takjil untuk berbuka puasa.

Baca Juga:

“Masyarakat sangat antusias berburu takjil untuk berbuka puasa di Batam Wonderfood Ramadhan,” ujarnya.

Selain putu piring, kuliner tradisional lain yang dapat ditemukan di Batam Wonderfood Ramadan di antaranya prata atau roti canai, lemang, seafood bakar khas Melayu, ketan durian, gado-gado, pempek, tekwan, epok-epok, teh obeng, teh tarik dan lain-lain.

Selain itu, aneka kuliner kekinian juga ada di bazar tersebut. Di antaranya cheese cake, salad buah, yakitori, mangga sago, corndog dan lain-lain.

***

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin