Home Menyanyah Opini Ideologi Pancasila Menjawab Tantangan Moral dan Intelektual Era Milenial

Ideologi Pancasila Menjawab Tantangan Moral dan Intelektual Era Milenial

79
Firman Jaya Daeli

Era milenial adalah sebuah era yang sedang bertumbuh subur dan tengah berkembang pesat dengan berbagai dinamika dan sejumlah logikanya. Juga dengan rasionalitas dan moralitasnya.

Oleh : Firman Jaya Daeli
Ketua Dewan Pembina Puspolkam Indonesia

Pertumbuhan dan perkembangan ini hadir dan berada di tengah-tengah kehidupan masyarakat, bangsa-bangsa, dan negara-negara di dunia. Indonesia juga menjadi salah satu atmosfir dari pertumbuhan dan perkembangan milenial dan era milenial.

Milenial pada dasarnya memiliki kandungan dan konsekuensi yang berdampak dan berpengaruh serius. Era milenial merupakan sebuah dan serangkaian era peluang, era tantangan, dan era kompetisi.

Era ini juga menjadi era kreatif, era inovatif, era kompetitif, dan era alternatif yang serba dan rata-rata bergerak dalam tempo waktu kecepatan tinggi dan dinamika jangkauan lompatan jauh.

Baca Juga :
Komposisi Kepemimpinan Polri: Konsolidasi dan Dedikasi bagi Indonesia Maju

Stabilitas Politik dan Keamanan Membangun Indonesia Maju

Era milenial melahirkan, mengembangkan, dan menggelorakan teknologi, informasi, teknologi informasi, teknologi informasi berbasis digital, dan bahkan yang terbarukan, dan lain-lain. Sebaliknya juga, keberadaan dan kemajuan teknologi, informasi, teknologi informasi, teknologi informasi berbasis digital, teknologi terbarukan, dan lain-lain, pada hakekatnya merangsang, menantang, dan mengundang percepatan, perluasan, dan peningkatan kualitas perihal yang serba kreatif, inovatif, kompetitif, dan alternatif terbarukan.

Inilah atmosfir kehidupan milenial, sebuah dan serangkaian dinamika dan logika era ini. Atmosfir yang bersentuhan dengan sisi-sisi rasionalitas dan moralitas. Ada aspek kemajuan dan kecanggihan teknologi.

Revolusi industri 4.0 berintikan, mengandung, dan mendorong serta sekaligus juga terkait, didorong, dan dimaknai dengan percepatan, pembaharuan, dan perkuatan kualitas berbagai teknologi. Kualitas teknologi ini bersifat amat serba cepat, kreatif, inovatif, canggih, bahkan super canggih.

KOMENTAR

Please enter your comment!
Please enter your name here