Home Urban Catatan

Meningkatkan Empati Siswa Melalui Media Permainan

Penulis: Vitaria

83
Meningkatkan Empati Siswa Melalui Media Permainan
Ilustrasi. Foto: barakata.id
artikel perempuan

Empati adalah keterampilan yang sangat kompleks untuk dikembangkan. Mengembangkan empati adalah apa artinya menjadi manusia. Membayangkan dan memahami bagaimana perasaan orang lain dalam situasi tertentu dan merespons dengan hati-hati adalah awal dari empati.

Feist & Feist (2010) menjelaskan bahwa empati adalah kemampuan untuk memahami atau menghargai perasaan dengan melibatkan aspek-aspek emosi, moral, kognitif dan perilaku.

Empati juga dapat diartikan bagaimana kita bisa menempatkan perasaan pada posisi orang lain sehingga kita dapat berhati-hati dan tidak mudah menghakimi perilaku atau perasaan orang lain (Myers, 2012).

University of Michigan telah melakukan sebuah survei terhadap 104.365 orang dewasa dari 63 negara di dunia dengan tujuan mengukur tingkat empati masyarakat berbagai negara.

Hasil penelitian tersebut menempatkan Ekuador sebagai negara pertama yang memiliki tingkat empati paling tinggi di dunia dengan skor 3.97 sementara negara Lithuania masuk dalam peringkat terendah dengan skor 3.15. Indonesia sebagai salah satu negara yang masuk dalam survei tersebut menempati posisi ke-21 dibawah Puerto Rico di peringkat ke-20 dan diatas Jerman di peringkat ke-22 (Bryner, 2016).

Memudarnya karakter empati pada seseorang akan memiliki berbagai dampak, salah satu dampak tersebut adalah memudarnya kepedulian sosial.

Penelitian Tyas (2017) menunjukan bahwa ada pengaruh positif empati terhadap kepedulian sosial. Artinya semakin tinggi empati yang dimiliki oleh seseorang maka akan semakin tinggi pula kepedulian sosial yang dimilikinya. Selain kepedulian sosial, empati juga berpengaruh terhadap perilaku prososial atau gemar menolong.

Hasil penelitian Widiatmoko (2017) menjelaskan bahwa ada pengaruh positif empati anak terhadap perilaku prososial.

Anak dengan tingkat empati tinggi akan memiliki tingkat prososial yang tinggi pula. Oleh karena itu, internalisasi nilai empati perlu ditanamkan dan dikembangkan kepada anak sedini mungkin.

Pengembangan kemampuan empati antara lain dapat dilakukan melalui pendidikan, baik di sekolah, keluarga, maupun lingkungan (Roslina, 2013).

Upaya untuk meningkatkan empati anak sebagai bekal dalam menjalin hubungan dengan teman sebaya dapat dilakukan dengan memperkenalkan media permainan merangkai kata dan bermain peran secara berkelompok, sehingga siswa dapat memahami dan mendalami arti empati.

Pengembangan kemampuan empati dapat dilakukan dengan cara menyenangkan, salah satu contohnya yaitu melalui permainan. Media merangkai kata pun sangat sederhana dan mudah didapat, yaitu menggunakan kardus bekas. Media huruf ini yang mudah dibuat. Alat dan bahan antara lain. Kardus bekas, gunting, spidol, perekat.

Cara membuatnya

  • Potong kardus dengan pola huruf abjad
  • Tempel perekat pada huruf-huruf yang telah dibentuk
  • Buatlah beberapa macam huruf vokal
  • Rapikan huruf yang telah direkatkan

Setelah huruf selesai disiapkan, maka permainan merangkai kata dikombinasikan dengan bermain peran.

Permainan hendaknya disusun dengan memasukkan konsep HOTS (High Order Thinking Skill) sehingga anak dapat terasah untuk berpikir tingkat tinggi dan berpikir kreatif.

Aturan main dalam permainan Merangkai Kata yaitu:

  • Anak mulai membentuk kelompok
  • Anak berdiskusi untuk menentukan peran sebagai si Bisu, Si Buta dan Si Pincang
  • Anak mulai berbaris sesuai perannya
  • Si Bisu menuliskan kata pada punggung si Buta
  • Si Buta mencari huruf di dalam box dan merangkai menjadi kata yang dituliskan oleh si Bisu
  • Si Buta memberi kata yang telah dirangkai kepada Si Pincang
  • Si Pincang membawa huruf-huruf ke tempat yang telah ditentukan

Permainan merangkai kata memiliki tujuan untuk mengajarkan anak untuk bekerja sama, fokus, sabar, dan bermain peran menjadi orang yang memiliki kekurangan fisik.

Mereka dapat merasakan kesulitan berbicara, melihat dan bergerak. Dengan kegiatan permainan siswa dapat merasakan langsung pengalaman belajar dan mengembangkan empati dengan cara yang menyenangkan dan berkesan.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin