Home Gaya Bunda, Ini 5 Camilan untuk Meningkatkan Imunitas Anak

Bunda, Ini 5 Camilan untuk Meningkatkan Imunitas Anak

Camilan untuk Imunitas Anak
Foto ilustrasi. Camilan untuk meningkatkan imunitas anak.
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Kesehatan – Sebagai orangtua, kita dituntut untuk bisa meningkatkan kekebalan tubuh atau imunitas anak. Itu penting agar anak-anak dapat membentengi dirinya dari ancaman serangan virus atau bakteri.

Di masa pandemi ini, imunitas atau kekebalan tubuh merupakan hal yang sangat berharga. Bukan hanya orang dewasa tapi yang lebih penting adalah anak=anak.

Meski demikian, meningkatkan imunitas anak melalui asupan nutrisi juga bukan perkara gampang, apalagi jika anak tersebut agak sulit makan besar.

BACA JUGA : Hai Bunda, Ini Cara Agar Anak Suka Makanan Sehat? Ajak Dia Nonton Video Masak

Nah, bagi para bunda, ada caranya supaya nutrisi anak tetap bisa terpenuhi. Caranya adalah dengan memberi mereka camilan atau makanan ringan.

Biasanya, anak-anak akan lebih menyukai camilan dibanding makanan utama seperti nasi. Tentu saja, bunda harus memberinya camilan yang sehat, dalam hal ini camilan yang dapat meningkatkan imunitas anak.

Perlu diketahui, apa yang dikonsumsi anak-anak kita, punya dampak terhadap daya tahan tubuhnya. Karena itu, sebaiknya pilihlah camilan yang cocok, sehat dan sesuai selera si anak.

Oh ya, selain dengan makanan, imunitas anak juga bisa ditingkatkan dengan tidur cukup. Kemudian aktif berolahraga, dan juga berjemur di bawah sinar matahari.

BACA JUGA : Jajanan Sehat untuk Anak, Jangan Sepelekan Rambut

Dilansir dari Healthline, berikut adalah lima camilan sehat untuk meningkatkan imunitas anak:

1. Buah dan sayuran

Juru bicara Academy of Nutrition and Dietetics Jennifer McDaniel menyarankan orangtua memberikan anak=anak makanan yang tinggi vitamin C, seperti buah jeruk, stroberi, paprika, brokoli, dan ubi jalar. Menurut dia, camilan tersebut bisa dimanfaatkan untuk membantu sistem kekebalan tubuh anak.

2. Yogurt

Satu studi menemukan bahwa anak-anak yang minum yogurt memiliki risiko 19 persen lebih rendah terkena pilek, infeksi telinga, dan radang tenggorokan.

Yogurt mengandung kuman bermanfaat yang disebut probiotik. Selain membantu pencernaan, makhluk yang hidup di usus ini juga penting dalam membantu tubuh melawan penyakit.

BACA JUGA : Dear Bunda, Ini 4 Cara Meningkatkan Imunitas Anak

3. Kacang almond

Camilan Sehat
Foto ilustrasi. Kacang almond bisa dijadikan camilan sehat untuk meningkatkan imunitas anak.

Sumber nutrisi lain yang baik untuk dikonsumsi anak-anak adalah kacang almond. Makanan ini diketahui mengandung vitamin E dan mangan, duo peningkat kekebalan yang kuat.

Keduanya juga meningkatkan aktivitas sel pembunuh alami. Karena itu, bagus untuk meningkatkan sistem daya tahan tubuh anak.

4. Kenari

Para ahli percaya bahwa omega-3 yang terkandung di dalam kacang kenari dapat membantu tubuh melawan penyakit. Asam lemak omega-3 sehat dalam kenari baik untuk kesehatan secara umum.
Satu studi kecil menemukan omega-3 mengurangi jumlah infeksi saluran pernapasan pada anak-anak. Kacang kenari pun mudah dikonsumsi sebagai makanan ringan, dimakan begitu saja atau dicampurkan ke dalam sereal.

5. Oat

Oat mengandung beta glukan, komponen serat yang mengaktifkan sel pembunuh. Sel ini mampu melawan bakteri, virus, dan penyusup penyebab penyakit lain yang masuk ke tubuh.

*****

Editor : YB Trisna

Sebelumnya292 Anak Kepri Terima Beasiswa Jamsostek, Total Rp800 Juta Lebih
Selanjutnya127 WN India Masuk ke Indonesia Pakai KITAS dan KITAP, Apa Itu?

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin