Home Urban

3 Pilihan Sarapan yang Bermanfaat Bagi Kesehatan

76
Buah Pisang di jual
Foto: Piqsel

Barakata.id, Batam – Sarapan adalah momen penting dalam mengawali hari. Oleh karena itu pastikan makanan yang menjadi asupan Anda bermanfaat bagi kesehatan.

Sarapan sehat adalah sarapan yang mengandung makanan bergizi yang memberikan energi dan membuat seseorang merasa kenyang.

Sarapan juga dapat membantu mencegah makan berlebihan di waktu siang, sehingga tidak mengakibatkan begah atau malah kegemukan.

Berikut ini beberapa pilihan sarapan terbaik untuk kesehatan yang sayang untuk dilewatkan.

Baca juga : Sop Ikan Makanan Khas Batam

1. Oatmeal

Oatmeal adalah makanan yang mengandung banyak nutrisi. Selain itu juga mengandung serat yang cukup sehingga membantu seseorang merasa kenyang lebih lama dan juga dapat menurunkan kolesterol.

Sebuah studi mengungkapkan bahwa orang yang makan oatmeal untuk sarapan merasa lebih kenyang dan makan lebih sedikit saat makan siang daripada orang yang makan cornflake. Ini terutama berlaku pada orang yang kelebihan berat badan.

Oat juga kaya akan antioksidan, asam lemak omega-3, folat, dan potasium. Oat merupakan pilihan yang baik karena memiliki indeks glikemik (GI) yang lebih rendah. GI rendah berarti gula darah seseorang tidak akan meningkat sebanyak itu.

2. Telur

Telur adalah makanan sarapan yang populer. Mereka bergizi dan mengandung protein berkualitas tinggi.

Beberapa orang berpikir bahwa telur tidak sehat karena jumlah kolesterol yang dikandungnya. 

Namun, penelitian telah menunjukkan bahwa kolesterol makanan dari telur hanya berdampak kecil pada kolesterol jahat, atau lipoprotein densitas rendah (LDL), dalam darah.

Baca juga : 5 Makanan yang Berisiko Memicu Kanker Otak

Penderita diabetes tipe 2 atau penyakit kardiovaskular sangat baik mengonsumsi telur untuk sarapan. 

Makan telur dan mengurangi konsumsi karbohidrat secara moderat menghasilkan peningkatan kadar kolesterol darah. Ini juga mengurangi lingkar pinggang, berat badan, dan lemak tubuh.

3. Pisang

Pisang merupakan sarapan bergizi. Pisang juga dapat dijadikan camilan saat pagi menjelang makan siang karena sangat baik untuk menahan rasa lapar.

Pisang mengandung pati resisten. Tubuh tidak mencerna pati yang resisten, sehingga melewati tubuh tanpa perubahan, yang membantu mendukung kesehatan pencernaan.

Baca juga : 5 Makanan yang Dapat Melatih Otak Jadi Lebih Sehat 

Pisang juga merupakan sumber potasium yang bagus, yang dapat mendukung kesehatan tekanan darah pada beberapa orang. 

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin