Home Gaya Kesehatan

Dear Bunda, Ini 4 Cara Meningkatkan Imunitas Anak

63
Imunitas Tubuh Anak
Mencuci tangan merupakan salah satu cara untuk menjaga imun tubuh anak tetap kuat. (F: Istimewa)

Barakata.id – Setiap orangtua pasti menginginkan anak yang sehat dan memiliki imunitas tubuh kuat. Apalagi di masa pandemi seperti sekarang.

Imun tubuh yang kuat membantu anak-anak untuk kebal terhadap berbagai macam penyakit.

Ada beberapa hal dasar yang bisa dilakukan agar anak-anak memiliki imun yang kuat. Berikut 4 cara meningkatkan imunitas anak seperti yang dilansir barakata.id dari Ibupedia, Minggu (7/6/20):

Baca Juga :
Mengatasi Anak yang Suka Mengemut Makanan

1. Aktif Bergerak

Saat ini anak-anak lebih banyak berada di rumah. Hampir bisa dipastikan durasi menonton si kecil lebih lama daripada biasanya. Akibatnya si kecil jadi kurang banyak bergerak.

Padahal, aktivitas fisik dapat meningkatkan sirkulasi sel darah putih yang mengandung imunitas. Anak usia 1-5 tahun dianjurkan beraktivitas fisik 3 jam sehari. Sedangkan anak di atas 5 tahun bisa beraktivitas fisik minimal satu jam selama 3 kali seminggu.

Oleh karena itu orangtua diminta untuk mengajak anak-anaknya beraktivitas fisik. Tak perlu olahraga yang heboh. Cukup melakukan hal-hal yang menyenangkan bagi si kecil. Misalnya main petak umpet, main bola dan lain-lain.

2. Tidur yang cukup

Anak tidur
Ilustrasi. Anak-anak harus mendapatkan tidur yang cukup

Selama pandemi rutinitas anak-anak berubah. Biasanya harus bangun pagi untuk sekolah, tapi sekarang cukup belajar dirumah. Hal itu akan mempengaruhi jadwal tidur dan bangun anak-anak.

Karena tidak sekolah, jangan sampai anak-anak begadang dan bangun siang di pagi hari. Jika bangun terlalu siang, otomatis si kecil tidak mau tidur siang. Hal itu akan mengurangi durasi istirahatnya.

Pastikan anak usia 1-3 tahun sekitar 11-14 jam per hari. Sedangkan anak usia 4-6 tahun sebaiknya tidur 10-13 jam per hari. Istirahat yang cukup dapat meningkatkan imunitas tubuh.

3. Rajin cuci tangan

Bangun kebiasaan hidup bersih. Meski kelihatannya sepele namun kebiasaan mencuci tangan sangat efektif menjaga kesehatan anak selama pandemi.

Baca Juga :
10 Obat Alami untuk Anak yang Patut Dicoba

Ajak anak cuci tangan selama 20 detik. Jangan lupa pakai sabun. Agar menarik berikan si kecil sabun warna warni beraroma buah dan handuk dengan karakter kartun favoritnya.

4. Makan dan minuman bernutrisi

Makanan dan minuman bernutrisi merupakan kunci untuk menjaga kesehatan si kecil. Pastikan menu makanan si kecil terdiri dari karbohidrat, lemak dan protein. Jangan lupa beri juga buah dan sayur yang kaya akan fitonutrien untuk meningkatkan imunitas anak.

****

Editor : Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin