Home Urban

Tips Jaga Kesehatan Mental

44
Kesehatan Mental
Masyarakat perlu memperhatikan kesehatan mental, disaat beban hidup yang semakin berat. Foto: Shutterstock

Barakata.id, Batam – Kesehatan mental atau jiwa, tak kalah penting dengan kesehatan fisik. Meski kadang tidak terlihat, kesehatan mental memberikan dampak besar terhadap kehidupan manusia. 

Namun, tak banyak orang yang perhatian atas permasalahan mental. Di Indonesia berdasarkan data dilansir dilaman Kemkes.go.id, ada sekitar 1 juta orang mengalami gangguan jiwa berat. 

Lalu, sebanyak 19 juta orang adalah pasien gangguan jiwa ringan. Jumlah ini diprediksi akan terus meningkat, disebabkan oleh pesatnya pertumbuhan hidup dan beban hidup. 

Baca juga : 6 Cara Menjaga Kesehatan Mental Remaja Selama Pandemi

Di kota metropolitan, masyarakat umumnya rentan terkena sakit jiwa, seperti depresi,alkoholisme, gangguan bipolar, skizofrenia, dan obsesif kompulsif.

Namun, sebelum mencapai tahapan tersebut, masyarakat bisa mendeteksi dan menjaga kesehatan mental. 

Ada beberapa cara yang bisa dilakukan dengan mudah dan sederhana yakni :

1. Mengenali diri sendiri

Kenali kebiasaan sendiri saat merasa sehat, dapat membantu kita lebih cepat untuk mendeteksi gangguan mental dalam diri. 

Kita dapat mencatat berapa lama biasanya butuh tidur, tak peduli apakah kita termasuk tipe manusia pagi atau doyan begadang.

Perubahan dramatis dalam kebiasaan-kebiasaan ini, dapat menunjukkan terjadinya tekanan secara emosi atau mental.

Cara kedua, dengan menyisakan waktu untuk diri……

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin