Home Kepulauan Riau Zakat Pegawai Pemko dan BP Batam Terkumpul Rp30 Miliar

Zakat Pegawai Pemko dan BP Batam Terkumpul Rp30 Miliar

37
Zakat Batam
Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mendapat penghargaan sebagai Insan Peduli Zakat 2020 dari Baznas Batam, Kamis (4/3/21). (F: barakata.id)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam – Wali Kota Batam yang juga Kepala Badan Pengusahaan (BP) Batam, Muhammad Rudi menyatakan, zakat profesi dari pegawai Pemko dan BP Batam sudah terkumpul Rp30 miliar. Meski besar, tapi jumlah tersebut masih rendah dibanding potensi yang tersedia.

Menurut Rudi, potensi zakat dari masyarakat Batam secara keseluruhan bisa mencapai Rp250 miliar per tahunnya. Karena besarnya potensi tersebut, ia kemudian menggulirkan kebijakan pengelolaan zakat profesi di lingkungan Pemko Batam dan BP Batam.


“Potensi zakat ini sangat tinggi. Alhamdulillah kebijakan yang sudah kita terapkan di Pemko dan BP Batam bisa meningkatkan jumlah pengumpulan zakat. Ini nantinya disalurkan kepada penerima zakat sesuai ketentuan agama,” kata Rudi saat meluncurkan aplikasi zakat Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) di Kantor Wali Kota Batam, Jalan Engku Putri, Batam Centre, Kamis (4/3/21).

BACA JUGA : Aplikasi Baznas Diluncurkan, Bayar Zakat pun Makin Mudah

Rudi mengatakan, melalui dua kebijakan pengelolaan zakat profesi bagi pegawai Pemko dan BP Batam, Baznas Kota Batam Batam mampu mengumpulkan hingga Rp30 miliar. Ia berpesan kepada jajaran Baznas Batam agar lebih gencar mengumpulkan potensi-potensi zakat di kota itu.

Menurut Rudi, dengan potensi yang ada, hal itu dapat ikut membantu pemerintah meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Berdasarkan data yang diterimanya, lanjut Rudi, jumlah penduduk miskin di Batam saat ini mencapai 41 ribu kepala keluarga atau 284 ribu jiwa. Ia berharap, melalui program Baznas, dapat membantu pemerintah dalam menangani persoalan kemiskinan di Batam.

“Mari ketuk hati kita untuk menyalurkan zakat. Mengurus orang miskin bukan hanya tugas pemerintah, tapi semua punya peran masing-masing,” kata dia.

Aplikasi zakat Baznas

Ketua Baznas Kota Batam, Muhith Marzuki mengatakan, aplikasi Baznas ini akan memudahkan muzaki dalam menunaikan kewajibannya. Peluncuran aplikasi ini juga sebagai langkah Baznas menjawab tantangan di zaman serba digitalisasi.

“Apa yang telah kita inginkan maju di zaman digital, pada hari ini terlaksana. Kami hanya ingin memudahkan bagi muzaki,” katanya.

Aplikasi itu bisa diunduh melalui Play Store bagi pengguna Android. Sementara bagi pengguna iPhone, bisa melalui laman resmi BAZNAS Batam.

Adapun kemudahan yang diberikan dalam aplikasi itu seperti informasi tentang zakat, kalkulator zakat, pembayaran zakat, dan info kegiatan.

“Semoga dengan peluncuran ini memudahkan dalam membayar zakat. Dan kami ucapkan terima kasih kepada Wali Kota Batam yang sudah mendukung semua program BAZNAS Batam,” kata dia.

BACA JUGA : Zakat, Infak, dan Sedekah di Batam Terkumpul Rp33 Miliar Lebih

Catatan Baznas Batam, pada tahun 2020 lalu, jumlah zakat yang telah terkumpul dari masyarakat Batam sebesar Rp7 miliar, masih jauh dari target Baznas Batam yakni Rp12 miliar. Selama masa pandemi Covid-19 ini, Baznas Batam telah menyalurkan hingga Rp3 miliar kepada masyarakat dalam bentuk bantuan langsung maupun peralatan

Marzuki mengatakan, zakat yang dikumpulkan memang sebaiknya langsung dikembalikan lagi ke masyarakat agar zakat yang disalurkan dapat membantu kehidupan para mustahiq.

“Perekonomian masyarakat bisa terbantu. Kita menyalurkan dana zakat ini bukan hanya untuk yang bersifat konsumtif tapi juga produktif. Tujuannya agar mereka yang saat ini sebagai penerima tahun depan bisa jadi pemberi juga. Dengan demikian ekonomi bergerak dan masyarakat juga sejahtera,” katanya.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin