Potensi Zakat Batam Rp80 M, Terkumpul Rp8 M di Baznas

Potensi Zakat Batam
Penyerahan program Baznas Berbagai secara simbolis di Lubukbaja, Sabtu (12/12/20).(F: Humas Pemko Batam)
Advertisement

Barakata.id- Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyebut, potensi zakat di Batam mencapai Rp80 miliar. Dari total jumlah itu baru terkumpul Rp8 miliar. Dana itu disalurkan melalui Badan Amil Zakat Indonesia (Baznas) Kota Batam.

Menurut Rudi, zakat ini perlu dimaksimalkan lagi. Hal itu demi kesejahteraan masyarakat yang berhak menerima zakat. Untuk itu dia membuat kebijakan pembayaran zakat bagi pegawai Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Baca Juga:
Zakat, Infak, dan Sedekah di Batam Terkumpul Rp33 Miliar Lebih

Advertisement

“Zakat yang bersumber dari gaji pegawai Pemko menyumbang 80 pesen lebih dari penerimaan zakat di Baznas,” kata Rudi, saat menyerahkan bantuan Baznas secara simbolis di Lubukbaja, Sabtu (12/12/20).

Selain di Pemko Batam, Rudi berjanjia akan menerapkan kebijakan yang sama di Badan Pengusahaan (BP) Batam. Sehingga potensi zakat bisa maksimal.

Rudi juga meminta para muzaki (pemberi zakat) untuk rutin menyalurkan zakat lewat Baznas Batam. Dia menegaskan zakat yang masuk akan disalurkan demi kesejahteraan penerima zakat.

“Harus tepat sasaran. Tadi sesuai laporan, Lubukbaja menjadi kecamatan terakhir penyerahan bantuan dari program Baznas Berbagi. Terima kasih sudah menyalurkan zakat kepada mustahik,” kata Rudi.

Wakil Ketua III Baznas Kota Batam, Afrizal, mengatakan, pihaknya sudah menyalurkan bantuan yang bersumber dana zakat di 12 kacamatan yang ada di Batam. Baznas Berbagi adalah program pertama semenjak pengurusan baru yang dilantik Wali Kota 12 September lalu.

Baca Juga:
Baznas Berikan Mustahik Modal Usaha Rp2,5 Juta

“Semua bantuan sudah tersalurkan. Untuk program Baznas Berbagi anggarannya Rp977 juta,” kata dia.

Bantuan yang diberikan dalam program tersebut yakni bahan pokok sebanyak 2.244 paket, bedah rumah 12 unit, bantuan modal bagi 24 usaha, khitan massal sebanyak 488 peserta, pengobatan gratis, serta santunan nafkah mualaf.

***

Editor: Asrul R

Advertisement

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin