Home Kepulauan Riau KPU Rekrut 6.228 Pantarlih se Kepri

KPU Rekrut 6.228 Pantarlih se Kepri

66
0
KPU Kepri merekrut ribuan orang sebagai Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilu Serentak 2024.
Anggota KPU Provinsi Kepulauan Riau, Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Priyo Handoko. Foto Dokumen Priyo.
DPRD Batam

Barakata.id, Tanjungpinang – Komisi Pemilihan Umum (KPU) kabupaten dan kota se Provinsi Kepri merekrut sebanyak 6.228 orang. Ribuan orang ini nantinya akan bertugas sebagai Petugas Pemutakhiran Data Pemilih (Pantarlih) untuk Pemilu Serentak 2024.

“Se provinsi membutuhkan sebanyak 6.228 pantarlih,” kata Anggota KPU Provinsi Kepulauan Riau, Ketua Divisi Perencanaan, Data, dan Informasi, Priyo Handoko, Rabu (1/2/2023). 

artikel perempuan

Pantarlih ini nantinya bertugas membantu KPU kabupaten atau kota dalam menyusun daftar pemilih dan pemutakhiran data pemilih. 

Pantarlih juga bertugas untuk melaksanakan pencocokan dan penelitian data pemilih. Selain itu, pantarlih memberikan tanda bukti terdaftar ke pemilih. 

“Setiap Pantarlih akan melakukan coklit (pencocokan dan penelitian) terhadap 1 TPS,” ujar Priyo. 

Pencocokan dan penelitian ini akan dilaksanakan dalam waktu dekat, 12 Februari hingga 14 Maret. Nantinya, pantarlih bakal mendatangi langsung pemilih dari rumah ke rumah. 

“Mereka nantinya akan mencocokkan dan meneliti setiap elemen data. Memastikan apakah warga bersangkutan memenuhi syarat (MS) atau tidak memenuhi syarat (TMS) sebagai pemilih,” ungkap Priyo.

Priyo merinci kebutuhan pantarlih tiap kota dan kabupaten, KPU Kabupaten Natuna 244 pantarlih, KPU Kabupaten Lingga 367 pantarlih, KPU Tanjungpinang 688 pantarlih, KPU Anambas 157 pantarlih, KPU Bintan 508 pantarlih, KPU Karimun 800 pantarlih, dan KPU Komisi Kota Batam 3.464 pantarlih.

“Kami berharap proses rekrutmen ini berjalan lancar, dan semoga pantarlih yang direkrut kelak dapat bekerja optimal untuk menghasilkan daftar pemilih yang berintegritas dan berkualitas,” pungkas Priyo.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin