Home Kepulauan Riau

Zakat, Infak, dan Sedekah di Batam Terkumpul Rp33 Miliar Lebih

78
Ilustrasi

Batam – Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam, Provinsi Kepulauan Riau (Kepri) melaporkan, zakat, infak, sedekah yang terkumpul dari umat muslim di kota itu selama Ramadan dan Idul Fitri 1440 Hijriah sebanyak Rp33.368.723.000. Jumlah itu naik sebesar Rp32.908.000 dibanding tahun 2018.

Hal.itu disampaikan Kepala Kantor Kemenag Kota Batam, Zulkarnain Umar sebelum pelaksanaan salat Idul Fitri di Dataran Engku Putri Batam Centre, Rabu (5/6/19) lalu.

“Zakat, infak, dan sedekah yang terkumpul tahun ini mengalami kenaikan sebesar Rp 32.908.000 dari tahun sebelumnya,” kata dia.

Salat Idul Fitri di alun-alun Kota Batam itu diikuti ribuan jemaah. Ikut pula Bersama Wali Kota Batam Muhammad Rudi, Wakil Wali Kota Amsakar Achmad, dan Sekretaris Daerah Kota Batam Jefridin serta sejumlah pejabat lainnya.

Dalam sambutannya, Rudi mengatakan, Pemerintah Kota Batam sangat berterima kasih kepada seluruh masyarakat Batam yang telah berpartisipasi aktif mendukung pembangunan daerah.

Rudi mengatakan, pembangunan infrastruktur di Batam, terutama untuk jalan, pemerintah akan melakukan pembangunan, pelebaran dan perbaikan jalan yang ditargetkan selesai pada tahun 2025. Pada tahun itu, Rudi ingin Batam sudah terbebas dari jalan rusak.

“Pembangunan dan pembenahan jalan kita lakukan sampai ke Batuaji, Sagulung, Nongsa, dan Seibeduk. Tahun 2025 nanti, Batam akan bebas dari jalan rusak,” ujar Rudi.

Baca Juga : Tahun 2025, Tak Ada Lagi Jalan Rusak di Batam

Lanjut Rudi, Pemko Batam juga sedang menyelesaikan pembangun Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah di Batuaji.

Masjid Agung kedua di Batam itu rencananya akan diresmikan pada September mendatang. Menurut Rudi, Pemko Batam akan mengundang tiga ulama besar saat peresmian yakni ustaz Abdul Somad, Habib Syech Abdul Qodir Assegaf, dan Kasim Ilyas dari Malaysia.

Menurutnya, masjid berkapasitas 25 ribu jamaah tersebut akan rampung seluruhnya pada tahun 2020.

“Saya undang masyarakat Batam untuk hadir bersama-sama meresmikan masjid yang akan menjadi kebanggaan warga Batam,” ujarnya.

Pada kesempatan itu, Rudi juha mengajak warga Batam untuk menjaga agar Batam senantiasa kondusif.

Dalam kesempatan itu juga dilakukan peyerahan sertifikat arah garis kiblat Engku Putri dari Kepala Kantor Kemenag Kota Batam kepada Wali Kota Batam. Dengan diterimanya sertifikat itu maka pelaksanaan salat Idul Fitri tiap tahunnya dilaksanakan di Dataran Engku Putri.

Baca Juga : Pemko Batam Gelar Lomba Mobil Hias Saat Pawai Takbiran

Tak ketinggalan, Pemko Batam juga mengumumkan pemenang lomba mobil hias dalam kegiatan pawai takbir. Untuk juara pertama diraih Kecamatan Lubuk Baja dengan nilai 85.

Kemudian juara kedua diraih Kecamatan Bengkong dengan total nilai 84, juara ketiga Dinas Kesehatan dengan nilai 81. Selain itu juga ada juara harapan 1 Badan Pengelola Pajak dan Retribusi Daerah (BPPRD) Kota Batam dengan nilai 80.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin