Home Kepulauan Riau Batam

4 Aturan Baru Masjid Agung Batam untuk Cegah Corona

186
Masjid Agung Batam Centre
Ilustrasi. Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di karpet dan sajadah di Masjid Agung Batam, Batam Centre, Minggu (15/3/20). Penyemprotan ini untuk mencegah penyebaran virus corona. (F: barakata.id)

Barakata.id, Batam – Dua Masjid Agung di Kota Batam yakni Masjid Agung Batam Centre dan Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah (SMRS) di Batuaji dibersihkan secara total, Minggu (15/3/29). Bersih-bersih ini sebagai upaya untuk mencegah penyebaran wabah virus corona atau Covid-19.

Di Masjid Sultan Mahmud Riayat Syah yang berlokasi di Tanjunguncang, Batuaji, pengurus membersihkan karpet dan sajadah, serta pekarangan masjid.

Pemerintah Kota Batam selaku pengelola masjid terbesar di Sumatera tersebut juga menerapkan aturan baru yang berlaku untuk seluruh pengunjung baik dengan tujuan beribadah maupun berwisata.

Baca Juga :
6 Poin Keputusan Wali Kota Batam Terkait Libur Sekolah

Baca Juga :
Sekolah di Batam Libur 14 Hari, Mulai Besok

Sekretaris Daerah (Sekda) Kota Batam, Jefridin mengatakan, peraturan baru ini disusun sebagai upaya pemerintah untuk mencegah penyebaran virus corona. Mengingat Masjid SMRS saat ini bukan hanya menjadi rumah ibadah tapi juga telah menjadi salah satu ikon pariwisata baru di Batam.

Jefridin mengatakan, ada 4 aturan yang kini diterapkan di Masjid SMRS, yakni:

1. Karpet masjid digulung agar tidak digunakan sementara sampai ada instruksi pemakaian kembali.

2. Mukena/telekung dilipat dan disimpan semuanya supaya tidak digunakan sampai ada arahan selanjutnya.

3. Seluruh petugas yang melayani pengunjung harus menggunakan alat pelindung diri seperti masker dan sarung tangan.

4. Membatasi interaksi dengan kontak langsung dengan tamu yang datang dari negara yang sudah terjangkit corona.

Baca Juga :
10 Imbauan untuk Pegawai Pemprov Kepri Terkait Pencegahan Virus Corona

Baca Juga :
Polisi di Kepri Jalani Cek Suhu Tubuh Cegah Corona

Jefridin mengimbau para jemaah yang ingin beribadah di masjid tersebut agar dapat membawa perlengkapan ibadah masing-masing. Bagi jemaah masyarakat sekitar, atau tamu yang sedang mengalami sakit seperti batuk, pilek, dan demam diimbau untuk beribadah di rumah.

“Dan yang terpenting adalah, mari kita berdoa kepada Allah SWT agar kita semua terhindar dari wabah corona, ini, dan semoga wabah ini segera berakhir,” katanya.

Masjid Agung Batam Centre Disemprot Disinfektan

Masjid Agung Batam
Personel Polda Kepri menggelar aksi bersih-bersih di lingkungan Masjid Agung Batam, Batam Centre, Minggu (15/3/20).

Sementara itu, pada Minggu (15/3/20) lalu, lingkungan dan peralatan yang ada di Masjid Agung Batam Centre juga dibersihkan.

Aksi bersih-bersih selain dilakukan para pengurus masjid, juga melibatkan para personel Polda Kepri. Seluruh bagian dan ruangan masjid disemprot dengan cairan disinfektan.

Penyemprotan dimulai dari ruang utama. Dinding, karpet dan sajadah-sajadah serta peralatan yang ada di ruangan itu disemprot disinfektan.

Selain pembersihan dan penyemprotan ruangan maupun peralatan di dalam masjid, aksi bersih-bersih juga dilakukan di lingkungan pekarangan masjid, termasuk tempat-tempat yang sering dihampiri jemaah.

Masjid Agung Batam
Petugas menyemprotkan cairan disinfektan di Masjid Agung Batam, Batam Centre, Minggu (15/3/20).

Kabid Humas Polda Kepri, Kombes Pol Harry Goldenhardt mengatakan, ada puluhan personel Polda Kepri yang dilibatkan dalam aksi bersih-bersih Masjid Agung Batam Centre ini.

Baca Juga :
Batam Perangi Corona, Pegawai Wajib Cek Suhu Tubuh

Baca Juga :
Corona Bikin Tour de Bintan dan Festival Pulau Penyengat Ditunda

Ia mengatakan, kegiatan ini merupakan program lanjutan Polda Kepri dalam upaya memerangi penyebaran virus corona. Sebelumnya, aksi serupa sudah dilakukan di lingkungan Polda Kepri di Nongsa, Batam.

“Ini hari kedua dari program bersih-bersih kita. Kemarin di Mapolda Kepri sekarang pembersihan dan penyemprotan cairan disinfektan di Masjid Agung Batam. Nanti kita juga lakukan di Kantor Pelayanan Samsat Batam Center serta tempat pelayanan publik lainnya,” kata Harry.

Masjid Agung Batam
Personel Polda Kepri membersihkan dan menyemprotkan disinfektan di bagian kamar mandi dan tempat wudhu di Masjid Agung Batam Centre, Minggu (15/3/20).

Pada kesempatan ini, Harry juga menyampaikan pesan Kapolda Kepri, Irjen Pol Andap Budhi Revianto yang mengajak masyarakat Kepri agar bersama-sama menerapkan pola hidup sehat.

“Kita juga harus membudayakan mencuci tangan sebelum dan sesudah beraktivitas. Serta tidak lupa untuk berolahraga. Itu upaya kita untuk menjaga tubuh tetap sehat dan kuat, agar tidak mudah terserang penyakit,” kata Kapolda seperti disampaikan Kabid Humas Polda Kepri.

*****

Penulis : Ali Mhd

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin