Home Gaya Perempuan

Yuk Waxing di Rumah, Cukup Pakai Jeruk dan Gula

82
Ilustrasi. Bulu yang terlalu panjang membuat wanita tak nyaman, Waxing menjadi pilihan untuk menghilangkannya. (F: Orami)

Barakata.id- Waxing atau menghilangkan bulu-bulu di tubuh, baik itu bulu kaki maupun ketiak bisa dilakukan di rumah. Selain lebih murah, juga lebih aman di musim pandemi seperti ini. Gel untuk waxing bisa dibikin sendiri. Bahan dasarnya cukup menggunakan jeruk lemon dan gula pasir. Alat pendukungnya juga bisa memanfaatkan yang ada di rumah.

“Cara membuatnya sangat mudah. Siapkan dua buah jeruk lemon. Peras ambil airnya. Lalu masukkan ke dalam panci,” terang Makeup Artist Batam Farisa Fabiane, Selasa (21/7/20).

Saat memasukkan ke panci, saring air jeruk lemon tersebut. Tujuannya agar tak ada serat atau biji yang ikut masuk. Setelah itu masukkan enam sendok makan gula pasir ke dalam panci tersebut. Aduk rata. Kemudian jerang di atas api sedang. Terus aduk sampai air jeruk lemon berubah kecokelatan dan menjadi karamel.

Baca Juga:
Alis Serat Masih Digemari di 2020

Segera pindahkan karamel tersebut ke dalam wadah. Pilih wadah yang terbuat dari plastik tebal. Jangan tunggu sampai dingin karena karamel akan mengeras jika dingin. Setelah di wadah, diamkan sampai benar-benar dingin. Karena jika langsung dipakai akan terlalu panas. Hal itu bisa membuat kulit melepuh.

“Kalau sudah benar-benar dingin dan mengeras cairkan lagi karamel yang ada di wadah itu. Caranya panaskan panci sampai mendidih. Lalu rendam wadah berisi karamel di dalam panci tersebut,” kata dia.

Bahan yang dipakai untuk membuat gel atau sugar waxing. (F: Farisa Fabiane)

Siapkan kertas tebal, biasanya digunakan untuk lapisan di sofa. Kertas ini juga biasa digunakan sebagai pengeras saat menjahit. Bisa dibeli di toko keperluan menjahit. Sediakan juga stik es krim atau tangkai dari kayu dan bedak tabur.

Cuci bersih dan lap sampai kering tempat yang bulunya akan di cabut, misalnya bagian betis. Kemudian taburkan bedak ke betis tersebut, ratakan. Setelah itu ambil karamel menggunakan stik es krim. Balurkan ke betis lalu tutup dengan kertas.

Baca Juga:
Tetap Cantik Saat Nikah, Meski Wajib Pakai Masker

“Aplikasikannya dari atas ke bawah. Kemudian tempel kertas di sana. Tepuk-tepuk sampai rata dan lengket. Setelah itu tarik kertas, dan bulu-bulunya akan lengket di kertas,” terangnya.

Menurut Farisa, saat menarik kertas, tarik dengan cepat dan kuat. Sehingga meminimalkan rasa sakit. Bulu pun tercabut dengan sempurna.

Jika di waxing, bulu lebih lama tumbuh. Bisa sampai tiga bulan. Bagi kaum wanita, bulu yang tumbuh terlalu lebat seperti di kaki dan ketiak memang bikin tak nyaman. Farisa sendiri mengaku sudah 6 tahunan ini melakukan waxing sendiri di rumah. Hasilnya pun tak juah dari yang biasa didapatkannya di salon kecantikan. Menurut dia, perawatan di rumah pun bisa bikin tetap cantik alami.

“Awalnya dulu sering waxing di salon, enam tahun yang lalu sekali waxing itu Rp 90 ribuan. Akhirnya kepikiran bikin sendiri sugar waxingnya, lihat dari blog nya orang, ternyata mudah,” terangnya.

****

Penulis: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin