Home Gaya Kesehatan

7 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

132
Jeruk mengandung berbagai manfaat kesehatan yang baik bagi tubuh. (F : Earth.com)

Barakata.id – Jeruk dikenal kaya akan manfaat. Hal pertama yang muncul dalam pikiran ketika membicarakan buah yang satu ini adalah kandungan vitamin C nya. Tapi ternyata menurut para ahli, jeruk adalah buah yang memiliki aneka manfaat hebat.

Berikut 7 manfaat jeruk seperti yang dilansir dari Health.

1. Jeruk kaya air

Satu buah jeruk sedang memberikan setengah cangkir air. Sekitar 60-70 persen tubuh manusia terbuat dari air.

Menurut Institute of Medicine, wanita berusia 19 tahun ke atas membutuhkan 2,7 liter total cairan per hari dan pria membutuhkan 3,7 liter. Jumlah tersebut merupakan cairan total, bukan hanya minuman.

Makanan dapat menyediakan 20 persen dari kebutuhan cairan harian Anda, dan makanan kaya air seperti jeruk berkontribusi lebih besar terhadap kebutuhan harian. Mengonsumsi cukup cairan harian membantu mendukung energi mental dan fisik, meningkatkan sirkulasi, mengoptimalkan fungsi organ, membuang limbah, dan memaksimalkan metabolisme.

Baca Juga :
Kulit Jeruk Diklaim Bisa Menangkal Virus Corona

2. Menyediakan serat pelindung usus dan kesehatan

Jeruk ukuran sedang menawarkan sekitar tiga gram serat, 12 persen dari target harian. Serat dalam jeruk mendukung fungsi pencernaan, membantu mengatur kadar gula darah dan insulin, meningkatkan perasaan kenyang, dan dapat berkontribusi pada tidur yang sehat.

Hampir dua dari tiga gram serat dalam jeruk adalah serat larut. Jenis serat ini membantu mengurangi kolesterol darah dan menangkal lemak perut internal yang disebut lemak visceral.

Satu studi yang melacak orang dewasa selama lima tahun menemukan bahwa untuk setiap peningkatan 10 gram serat larut yang dikonsumsi, tingkat akumulasi lemak perut visceral menurun sebesar 3,7 persen. Hal ini sangat bagus karena turut mengurangi risiko penyakit kronis seperti diabetes tipe 2, tekanan darah tinggi dan kanker.

3. Mengandung vitamin C tinggi

Vitamin C mendukung fungsi kekebalan tubuh. Nutrisi utama ini membantu menghasilkan kolagen, mengurangi peradangan dan meningkatkan kemampuan tubuh untuk menggunakan lemak sebagai bahan bakar. Terlalu sedikit vitamin c dalam darah sering dikaitkan dengan peningkatan lemah tubuh dan ukuran pinggang.

Vitamin C juga membantu meningkatkan penyerapan zat besi. Hal ini dapat meningkatkan ketersediaan oksigen dan mengurangi kelelahan.

Vitamin C juga bertindak sebagai antioksidan pencegah penuaan, dan dibutuhkan untuk perbaikan DNA dan produksi serotonin.

4. Memasok nutrisi penting lainnya

Kalium dan folat adalah dua nutrisi penting tambahan yang ditemukan dalam jeruk. Kalium mendukung fungsi jantung dan kontraksi otot, dan membantu mempertahankan massa otot.

Mineral ini juga bertindak sebagai diuretik alami, untuk mengurangi tekanan darah dan melawan retensi cairan.

Folat mendukung otak dan sistem saraf. Jumlah folat yang cukup dapat membantu melindungi dari masalah depresi dan memori. Jeruk juga memasok sejumlah kecil kalsium, magnesium, vitamin A, dan vitamin B.

Baca Juga :
Aneka Manfaat Teh yang Perlu Diketahui

5. Superstar antioksidan

Antioksidan flavonoid pada jeruk memberikan manfaat antiinflamasi, antivirus, dan antimikroba. Mereka juga bertahan melawan stres oksidatif, yang pada dasarnya adalah ketidakseimbangan antara produksi radikal bebas yang merusak sel dan kemampuan tubuh untuk melawan efek berbahaya mereka.

Antioksidan dalam jeruk juga dapat melindungi kesehatan mental. Sebuah studi yang diterbitkan dalam American Journal of Clinical Nutrition menemukan bahwa asupan flavonoid yang lebih tinggi dapat dikaitkan dengan risiko depresi yang lebih rendah, terutama di kalangan wanita yang lebih tua.

Asupan flavonoid yang lebih tinggi juga terkait dengan pencegahan penambahan berat badan dan pengurangan lemak tubuh.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin