Home Gaya

6 Manfaat Soda Kue untuk Kecantikan

42
Selain dapat membuat kue mengambang sempurna, soda kue juga memiliki banyak manfaat untuk merawat kecantikan. (F: Istimewa)

Barakata.id – Sebagian besar rumah tangga memiliki simpanan soda kue. Bahan dapur ini banyak digunakan untuk membuat bolu, cake, muffin dan lain-lain. Soda kue memiliki sifat antasida yang kuat sehingga membuatnya jadi bahan alkali yang bagus.

Selain membuat kue mengembang sempurna, soda kue ternyata memiliki manfaat untuk mengatasi masalah kecantikan. Berikut ini beberapa manfaat soda kue yang dilansir dari thehealthsite untuk perawatan kecantikan.

1. Memutihkan gigi

Menurut banyak penelitian, soda kue bekerja dengan baik untuk memutihkan gigi dan menghilangkan plak dari mulut. Hal ini disebabkan karena soda kue memiliki sifat abrasif ringan yang dapat memutus ikatan molekul yang menodai gigi.

Baca Juga :
6 Manfaat Durian, Bisa Atasi Kanker dan Insomnia

Soda kue juga memiliki sifat antibakteri dan antimikroba yang dapat membantu melawan bakteri berbahaya. Selain digosokkan ke gigi, soda kue juga bagus digunakan untuk berkumur-kumur. Caranya, masukkan setengah sendok teh soda kue ke dalam setengah gelas air hangat. Kemudian pakai air yang sudah bercampur dengan soda kue itu untuk kumur-kumur.

2. Sebagai deodoran

Soda kue sangat baik untuk mengenyahkan bau badan. Keringat manusia pada dasarnya tidak berbau, namun menjadi berbau setelah dipecah oleh bakteri di ketiak. Bakteri ini mengubah keringat menajadi produk asam yang menyebabkan bau. Cobalah balurkan soda kue di ketiak dan perhatikan bedanya. Soda kue dapat membantu menghilangkan bau asam keringat yang diciptakan bakteri.

3. Meredakan gatal dan terbakar matahari

Kulit gatal dan ruam sering terjadi saat cuaca panas terik. Oleh karena itu mandi dengan soda kue direkomendasikan untuk mengatasi masalah tersebut. Caranya masukkan 1-2 cangkir soda kue ke dalam bak berisi air hangat. Kemudian pakai air itu untuk mandi. Pastikan area yang gatal terendam secara menyeluruh. Selain untuk mandi, bisa juga mengatasi ruam ini dengan membuat pasta dari soda kue dan sedikit air. Kemudian oleskan pasta ke area yang sakit atau gatal.

Baca Juga :
7 Manfaat Jeruk Bagi Kesehatan

4. Merawat kutikula

Kuku merupakan salah satu aset untuk tampil cantik. Oleh karena itu jangan abaikan perawatan kutikula. Seringkali kutikula kering dan pecah-pecah mengganggu penampilan. Tapi jangan khawatir, karena soda kue dapat mengatasinya. Caranya dengan membuat pasta dari soda kue dan sedikit air hangat. Kemudian gunakan pasta itu untuk menggosok kutikula. Campuran air hangat dan soda kue dapat membantu mengelupas sel kulit mati dan melembutkan kulit.

5. Mengatasi jerawat

Jerawat muncul ketika kelenjar minyak bekerja terlalu keras dan pori-pori tersumbat. Soda kue dapat membantu mengatasi jerawat dengan cepat dan mudah. Caranya dengan mencampurkan soda kue dengan sedikit air. Kemudian oleskan pada jerawat sampai jerawat mengering.

6. Mandi detoks

Selain garam mandi, soda kue juga dapat menjadikan sesi mandi santai menjadi bermanfaat. Caranya tambahkan secangkir soda kue dan seperempat baby oil ke dalam bak mandi. Soda kue memiliki sifat anti jamur. Penambahan baby oil akan membuat kulit terasa lembut.

***

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin