Home Gaya Perempuan

4 Tips Memilih Foundation Agar Wajah Tidak Belang

100
Pilih foundation sesuai skin tone (F: Maxpixel.com)

Barakata.id, Batam – Penampilan sempurna menjadi keharusan bagi sebagian besar perempuan. Sayangnya tak semua perempuan memiliki wajah mulus bak kulit bayi.

Ada kalanya timbul bercak hitam akibat hormon, bopeng bekas jerawat atau tanda lahir yang menggangu. Oleh karena itu riasan wajah menjadi amat penting, khususnya yang bisa menutupi kekurangan tersebut.

Foundation atau alas bedak menjadi item yang wajib dimiliki kaum perempuan. Sebab produk kecantikan yang satu ini memiliki fungsi untuk menutupi kekurangan-kekurangan itu.

Baca Juga :
3 Cara Perawatan dari Dalam untuk Menolak Tua

Namun, foundation ini tak boleh asal pilih. Sebab tak semua kulit memiliki kesamaan.

Pemilihan foundation yang salah bisa menyebabkan tingkat percaya diri terjun bebas. Pasti tak ada yang mau, gara-gara foundation wajahnya jadi super putih tapi lehernya gelap dan jadi belang.

Nah, untuk menemukan foundation yang tepat, tips yang dilansir dari YouTube Beauty Vlogger Tasya Farasya ini patut disimak.

Memilih Foundation
Beauty Vlogger, Tasya Farasya bagi-bagi tips memilih foundation. (F: YouTube Tasya Farasya)

1. Coba foundation di wajah tepatnya di rahang bagian bawah.

Untuk menentukan foundation yang cocok, coba aplikasikan beberapa warna di bagian rahang. Warna yang paling tidak tampak atau menyatu dengan kulit adalah warna yang cocok.

2. Coba di punggung tangan

Cara ini juga bisa dipakai. Yaitu dengan mengoleskan beberapa warna foundation di punggung tangan.

Warna yang paling tidak terlihat merupakan warna yang cocok. Namun harus dipastikan juga, warna punggung tangan dan wajah tak berbeda.

Sebab ada juga orang-orang yang punggung tangannya lebih gelap dibandingkan wajahnya. Kalau dalam kondisi seperti ini pilihan mengoleskan foundation di punggung tangan sepertinya tak terlalu tepat.

3. Ketahui skin tone dari urat nadi

Ada tiga jenis skin tone yang dimiliki manusia, yaitu cold, warm dan neutral. Kulit dengan tipe cold atau cenderung putih memiliki urat nadi kebiruan.

Foundation yang tepat untuk jenis kulit ini adalah pink, ivory atau bronze. Pastikan foundation tak membuat kulit semakin pucat.

Bagi kulit yang bertipe warm cenderung memiliki urat nadi kehijauan. Foundation yang tepat untuknya adalah warna natural beige, beige, walnut dan espresso.

Baca Juga :
6 Tips Menjaga Kesehatan Mental untuk Menangkal Corona

Sedangkan untuk skin tone cold atau kulit yang cenderung kuning langsat memiliki urat nadi berwarna ungu kehijauan. Foundation yang tepat adalah warna yellow, beige golden, honey atau caramel.

4. Sesuaikan dengan jenis kulit

Selain menyesuaikan dengan warna kulit, perlu juga memilih foundation yang sesuai dengan jenis kulit. Untuk kulit berminyak hindari foundation yang berbahan dasar minyak.

Sedangkan bagi yang jenis kulitnya kering usahakan pilih foundation yang banyak mengandung moisturizer.

*****

Penulis : Asrul Rahmawati

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin