Home Gaya

Pilihan Warna untuk Rumah yang Tenang

87
Ilustrasi

Rumah adalah tempat beristirahat kita yang terbaik. Setelah beraktivitas di luaran selama sehari penuh, kembali ke rumah menjadi sesuatu yang didamba banyak orang.

Namun, agar kita merasa nyaman berada di rumah, sebaiknya kita juga bisa menciptakan suasana rumah yang kondusif. Bukan hanya faktor lokasi dan desain hunian, pilihan warna juga turut berkontribusi pada kondisi psikologis dan kesehatan fisik seseorang.

Sejumlah pakar warna memberikan tips memilih warna untuk setiap ruang demi suasana hunian yang tenang dalam keterangan resminya. Berikut pilihannya seperti dilansir dari Uzone:

Ruang keluarga

Buat sebagian orang, ruang keluarga jadi tempat berkumpul seluruh anggota keluarga sekaligus area mengobrol setelah hampir setengah hari bekerja atau sekolah. Pilihan warna lembut seperti pink pastel baik dipadukan dengan warna nuansa kuning madu untuk menghadirkan suasana santai dan energi positif.

Warna pink bisa diaplikasikan untuk bagian tembok, sedangkan kuning madu untuk perabot seperti meja atau sofa. Suasana ruangan semakin hangat dan lembut dengan penempatan kain katun dan linen sederhana sebagai penutup sofa.

Dapur

Lokasi ini spesial. Dari sini, ragam makanan lezat tercipta. Perlu dicatat, pengaplikasian warna pada dapur tak boleh sembarangan sebab bisa memengaruhi kebiasaan makan.

Gunakan warna spiced honey yang hangat, ikuti dengan warna hijau pastel dan krem untuk keseimbangan emosional. Warna ini dipercaya bisa menghadirkan kebiasaan makan yang sehat.

Tambahkan kesan elegan dengan perabot berelemen kayu berwarna pucat dan porselen halus.

Kamar tidur

Apa yang Anda butuhkan dari sebuah kamar tidur? Tentu ada keinginan untuk melepas stres dan lelah. Namun, Anda tak bisa tidur begitu saja dalam kondisi stres. Diperlukan suasana tenang dan damai untuk tidur dengan pulas.

Demi ketenangan jelang tidur, pilih warna karamel hangat yang dipadu dengan abu-abu. Selain itu, padukan dengan seprai putih dan karya seni sederhana untuk melengkapi kamar.

Kamar anak

Berbeda dengan orang dewasa, kamar tidur anak perlu menghadirkan suasana menyenangkan. Padu padan warna harus bisa saling melengkapi dan sejajar dengan skema warna.

Palet warna mauve pink dan abu-abu lembut bisa menghadirkan suasana tenang buat anak. Agar tak monoton, sematkan garis pembatas berwarna karamel.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin