Home Edukasi Andaliman Rempah Andalan dari Batak

Andaliman Rempah Andalan dari Batak

Andaliman rempah khas suku batak.
Andaliman rempah khas Suku Batak. F freepik.
DPRD Batam

Barakata.id, Batam – Andaliman, rempah yang sering dipakai dalam berbagai masakan khas dari suku Batak. Dicampur dengan sambal enak. Jadi bahan bumbu ayam bakar, juga enak. Olahan gulai ikan dengan andaliman, makin mantap. 

Sehingga sekarang, rempah andalan khas suku batak ini, tidak hanya dipakai masyarakat batak saja. Namun, dari berbagai elemen masyarakat dan suku, sudah mulai menggunakan rempah satu ini. 

artikel perempuan

Dikutip dari laman indonesia.go.id, andaliman atau nama latinnya Zanthoxylum acanthopodium DC, masuk dalam keluarga jeruk-jerukan. Bentuknya kecil bergerombol seperti merica. 

Makanya, andaliman kerap dibilang sebagai mericanya batak. Karena rasanya pedas, dan memiliki sensasi khas saat di mulut. Andaliman menawarkan rasa getir terhadap indera pengecap lidah. 

Rasa kelu ini disebabkan adanya kandungan hydroxy-alpha-sanshool di dalam rempah, yang dikenal juga sebagai sichuan pepper atau Indonesian lemon pepper oleh bangsa Eropa.

Ketua Akademi Gastronomi Indonesia Vita Datau Messakh mengatakan, lebih baik memilih andaliman yang kering, tidak lembab dan beraroma menyengat. “Agar kualitasnya terjaga, sebaiknya disimpan dalam toples kedap udara dan kering,” kata Vita. 

Di Kabupaten Toba Samosir, Tapanuli Utara dan Dairi, Andaliman tumbuh dengan liar. Pohon andaliman ditumbuhi duri, dan akan tumbuh subur dengan suhu 15 sampai 18 derajat celcius. 

Tumbuhan andaliman bisa tumbuh tinggi hingga 5 meter.  Secara morfologi, daun andaliman tersebar, bertangkai, majemuk menyirip beranak daun gasal, serta mengandung kelenjar minyak. Daun yang muda berwarna hijau di bagian atas dan agak kemerahan di bagian bawah.

Tanaman andaliman dapat dipanen ketika berumur 1,5 tahun. Bila tanaman tumbuh dengan baik dan bunga tidak terganggu oleh kondisi cuaca, maka pada satu batang dapat menghasilkan 5 kg hingga 7 kg. Andaliman akan terus berproduksi hingga usia 10 hingga 15 tahun.

Andaliman mengandung zat antioksidan berupa alkaloid, glikosidia, tannin, fenol, flavoid, yang berpotensi sebagai pengawet alami dan mampu menggantikan fungsi pengawet buatan yang lebih berbahaya bagi tubuh. 

Selain itu, serbuk buah andaliman juga berfungsi sebagai antimikroba yang mampu menghambat perkembangan bakteri Eschericia coli, Salmonella typhimurium, Bacillus cereus, Staphylococcus aureus dan Pseudomonas fluorescens.

Rempah ini juga dapat diolah menjadi minyak atsiri yang mengandung senyawa terpen bersifat antioksidan, seperti geraniol, linalool dan limonen. Dalam sektor pertanian dan perkebunan, buah andaliman juga dapat digunakan untuk insektisida dan menghambat pertumbuhan hama bubuk jagung dari serangga Sitophilus zeamais. 

Buahnya juga berfungsi sebagai vitamin C dan E alami untuk menjaga daya tahan tubuh. Selain itu, rempah ini juga mampu menghilangkan bau amis pada ikan mentah sekalipun. 

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.