Home Kepulauan Riau Pemkab Lingga Target Ekspor Pisang dan Nanas

Pemkab Lingga Target Ekspor Pisang dan Nanas

79
Bupati Lingga, Alias Wello

Barakata.id, Lingga – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Lingga, Kepulauan Riau (Kepri) menargetkan bisa mengekspor produk hortikultura, khususnya buah pisang dan nanas pada akhir tahun 2020. Target itu disampaikan Bupati Lingga, Alias Wello, Selasa (13/8/19).

“Insya Allah akhir tahun 2020, Lingga sudah bisa melepas ekspor perdana produk hortikultura, khususnya pisang dan nanas,” kata Alias Wello.

Alias Wello optimistis target itu tercapai menyusul keseriusan dan komitmen yang disampaikan oleh manajemen PT Great Giant Pineapple (GGP) untuk melakukan kerja sama investasi di bidang hortikultura di Lingga. Ia menegaskan, keyakinannya untuk melepas ekspor perdana pisang dan nenas dari Lingga pada akhir tahun 2020 itu sudah melalui perhitungan yang matang bersama tim GGP.

Baca Juga : Satgas TMMD Karimun Latih Warga Tanam Hidroponik di Pekarangan Rumah

“Mulai tahun ini, kita persiapkan semua lahannya. Untuk lahan yang statusnya masih kawasan hutan produksi yang dapat dikonversi (HPK), segera kita ajukan pelepasannya ke Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan,” katanya.

Sebelumnya, Government Relation Director PT GGP, Welly Soegiono mengatakan, perusahaannya sudah memiliki pengalaman selama 35 tahun melakukan ekspor produk hortikultura ke berbagai negara.

“Tahun 2018 lalu, GGP sukses ekspor buah pisang dan nenas sekitar 18 ribu kontainer dari kebun seluas 32.000 hektar di Kabupaten Tanggamus, Lampung,” ungkapnya.

Baca Juga : Dinas Kebudayaan Lingga Gelar Lomba Film Pendek

Pada kesempatan itu, Welly memaparkan betapa besarnya jumlah kebutuhan pasar dunia terhadap buah pisang dan nenas, khususnya di negara Eropa, Amerika, China, Jepang, Korea dan Singapura.

“Berdasarkan data tahun 2018 lalu, kebutuhan pasar dunia terhadap buah pisang mencapai angka 15.259.800 ton. Sedangkan nenas dibutuhkan sekitar 3.007.530 ton,” kata dia.

*****

Sumber : Antara

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here