Home Warta Mengenal Coating Mobil untuk Proteksi Cat Mobil

Mengenal Coating Mobil untuk Proteksi Cat Mobil

Proteksi Cat Mobil dengan Coating Mobil
Proses Pemberian Coating Mobil untuk Proteksi Cat Mobil

Barakata.id – Menjaga kilau cat mobil memang terbilang sangat penting, hal ini berguna untuk mendapatkan tampilan eksterior yang menarik. Tidak hanya itu saja, dengan cat mobil yang terjaga, membuat nilai jual mobil dapat terjaga tetap tinggi.

Coating mobil untuk proteksi cat mobil bisa menjadi salah satu cara yang pas. Perawatan cat mobil penting untuk melindungi investasi Anda.

Dengan mengaplikasi coating mobil saat ini sudah mulai digandrungi oleh masyarakat. Sebelum melakukannya, sebaiknya ketahui juga duitpintar.com/biaya-cat-mobil-full-body.

Proses Pemberian Coating Mobil untuk Proteksi Cat Mobil

Coating mobil untuk proteksi cat mobil sendiri termasuk salah satu bagian dari paint protection atau perlindungan cat. Dengan coating, kondisi cat bisa saja terjaga lebih awet. Terdapat beberapa tipe coating yang saat ini sudah tersedia di pasaran.

Apabila Anda tertarik, informasi ini akan membahasnya dengan lengkap pada kesempatan ini. Berikut ini sudah ada beberapa penjelasannya.

1. Tipe Coating Mobil

Ada dua jenis teknik coating yang dapat langsung Anda aplikasikan untuk menjaga kualitas cat mobil. Keduanya ini mempunyai berbahan dasar sama, yaitu cairan bening yang bernama silikon dioksida. Namun, mempunyai daya tahan dan harga yang berbeda.

  • Ceramic Coating merupakan cairan silika yang bisa mengeras atau mengkristal sehingga akan terlihat seperti lapisan akrilik tipis saat mengering. Lapisan inilah yang bisa langsung menjaga cat mobil Anda agar tidak mudah tergores.
  • Nano Coating hampir mirip dengan ceramic coating, namun mempunyai partikel kecil yang diklaim mampu mengisi pori-pori cat mobil. Sehingga dipercaya bisa memberikan perlindungan cat yang lebih optimal.

2. Paint Protection Film

PPF bisa digunakan sebagai lapisan kaca film tipis yang bening dan kuat untuk memberikan perlindungan pada cat mobil Selain coating mobil, juga sudah tersedia pula Paint Protection Film atau biasa disingkat PPF.

Berbeda halnya dengan coating yang hanya menggunakan cairan kimia yang dapat mengeras. Namun, PPF dengan menggunakan lapisan film elastis yang ditempelkan pada bodi mobil.

Lapisan film ini memiliki warna bening, sehingga tidak perlu cemas akan membuat tampilan cat Anda menjadi berbeda. Mulai dari Coating mobil untuk proteksi cat mobil bisa saja menurun kualitasnya sering usia penggunaan.

Untuk coating sendiri, maka Anda harus bisa melakukan coating ulang agar fungsinya bisa melindungi cat kembali optimal. Sementara itu untuk PPF, Anda harus bisa mengganti lapisan kaca filmnya dengan yang baru. Hal ini dilakukan agar bisa memberikan lapisan perlindungan yang maksimal lagi.

Baca juga: Beli Mobil Bekas di Tahun Baru? Ini Tipsnya Biar Tak Salah Pilih

Fungsi Coating Mobil dan Ppf

Mulai dari Coating mobil untuk proteksi cat mobil sudah mempunyai fungsi yang sama, yaitu memberikan lapisan tipis namun kuat pada lapisan cat mobil. Jadi, bisa langsung melindungi cat dari berbagai macam kerusakan, seperti baret halus akibat goresan atau saat mencuci mobil.

Tidak hanya itu saja, baik coating dan PPF juga bisa melindungi mobil dari kemungkinan timbulnya jamur. Sehingga bisa langsung membuat tampilan cat menjadi kusam.

Baca juga : Harus Tahu, Pengendara Mobil Matik saat Berhenti di Lampu Merah

Coating Mobil Sebelum dan Sesudah

Coating mobil untuk proteksi cat mobil bisa langsung melindungi cat mobil lebih lama dari beberapa potensi kerusakan. Mulai dari coating atau PPF yang dipercaya bisa melindungi cat mobil Anda selama 3 hingga 10 tahun lamanya.

Tentu tingkat dari keawetan coating atau PPF akan sangat tergantung banyak hal, mulai dari perawatan sampai cuaca. Oleh karena itu, penting sekali bagi Anda untuk tetap menjaga dan merawat cat mobil meski sudah dilapisi coating atau PPF.

Baca juga: Catat, Ini Daftar Harga Mobil Baru Termurah di Indonesia

Lama Pengaplikasiannya dan Biaya yang Dibutuhkan

Mulai dari Coating mobil untuk proteksi cat mobil memerlukan waktu antara sehari sampai 3 hari. Hal ini memang diperlukan lantaran membutuhkan ketelitian dan tingkat kedetailan yang tinggi.

Bahkan, agar bisa melindungi cat mobil dengan sempurna. Tidak ada efek negatif tertentu pada cat mobil Anda, selama penggunaan dan dibarengi dengan perawatan yang memadai.

Sementara itu, coating atau PPF memang sebenarnya mahal, yaitu berkisar antara Rp 2 sampai belasan juta rupiah. Namun hal ini memang sepadan dengan kemampuannya dalam menjaga kilau cat mobil Anda.

Selain itu, baik coating atau PPF juga dinilai sangat awet. Pastikan Anda sudah menggunakan jasa duitpintar.com/biaya-cat-mobil-full-body/ yang terpercaya untuk hasil yang lebih maksimal.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin