Home Warta Ekonomi Beli Mobil Bekas di Tahun Baru? Ini Tipsnya Biar Tak Salah Pilih

Beli Mobil Bekas di Tahun Baru? Ini Tipsnya Biar Tak Salah Pilih

142
Beli Mobil Bekas
Ilustrasi. (F: Freepik)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id- Memiliki mobil mungkin jadi salah satu yang ingin Anda wujudkan tahun ini. Belum sanggup beli yang baru, beli mobil bekas pun tak apa. Tapi biar tak menyesal, Anda harus selektif memilihnya.

Seperti diketahui, mobil bekas harganya pasti lebih murah daripada yang baru. Tapi pastikan Anda tak tertipu dengan harga yang murah.

Baca Juga:
Catat, Ini Daftar Harga Mobil Baru Termurah di Indonesia

Untuk mendapatkan kendaraan yang berkualitas, Anda bisa mengikuti beberapa tips dari laman resmi toyota.astra berikut ini.

1. Ketahui alasan pemilik menjual mobilnya

Ini bisa jadi salah satu pertimbangan Anda sebelum beli mobil bekas dari si empunya. Setiap orang punya alasan mengapa dia menjual mobilnya. Demikian pula tiap orang memperlakukan kendaraan mereka dengan cara yang berbeda-beda.

Jika alasan pemiliknya menjual mobil karena sering rusak, tentu Anda harus mempertimbangkan untuk membelinya kan?

2. Pastikan surat-suratnya lengkap

Pastikan dokumen kendaraan berupa surat-suratnya lengkap. Terutama Surat Tanda Nomor Kendaraan (STNK) dan Buku Pemilik Kendaraan Bermotor (BPKB).

Selain kondisinya lengkap juga pastikan cocok satu sama lainnya. Baik nomor rangka maupun nomor mesin. Bila perlu pajak kendaraan juga masih hidup. Ini untuk memudahkan Anda sehingga setelah beli, tak perlu ribet urus pajak.

3. Coba dulu mobilnya

Sah-sah saja ketika seorang calon pembeli mencoba dulu mengendari mobil yang akan dibeli, istilahnya test drive. Saat mencoba, kondisi mobil tersebut bakal lebih diketahui.

Jika Anda tak terlalu mengerti atau paham mengenai mobil, Anda harus mengajak orang yang paham. Pastikan orang tersebut dapat dipercaya. Sehingga Anda tak tertipu oleh penjual.

4. Periksa aksesorisnya

Seringkali mobil bekas yang dijual aksesorisnya sudah tak lengkap, alias ada yang sudah tak berfungsi. Ada juga yang sudah tak asli, hal itu tentu dapat mempengaruhi harga yang harus Anda bayar.

Jangan sampai pula Anda tertipu, sudah selesai transaksi tapi baru ketahuan ada aksesoris yang rusak atau bukan bukan asli.

Selain itu, cek pula pemasangan aksesoris tersebut apakah sudah pas atau belum. Misalnya soket atau kabel yang tak tepat atau rusak bisa menyebabkan kebakaran.

Untuk velg misalnya, lebih baik Anda mendapatkan komponen bawaan mobil daripada yang sudah baru tapi bukan bawaan. Velg bawaan kualitasnya lebih terjamin. Selain itu kaki-kaki mobil juga tak cepat rusak.

5. Ketahui riwayat perawatan

Baca Juga:
10 Mobil Terlaris Juni 2019: Xpander Salip Avanza

Setiap mobil pasti punya riwayat perawatan. Bengkel mana yang biasa menanganinya. Dengan begitu Anda bisa mengetahui apakah mobil tersebut dirawat secara berkala.

Berbekal riwayat perawatan, Anda juga dapat mengetahui kapan terakhir ganti oli. Anda juga bisa dapat mengetahui keaslian onderdil hingga berapa jarak tempuh aslinya.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin