Home Warta Tekno Harus Tahu, Pengendara Mobil Matik saat Berhenti di Lampu Merah

Harus Tahu, Pengendara Mobil Matik saat Berhenti di Lampu Merah

Mobil Matik
Ilustrasi. Posisi Tuas transmisi mobil matik saat berhenti di lampu merah. F: Barakata.id/ist
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id– Guna menjawab pertanyaan, apakah posisi tuas transmisi tetap di D dengan menginjak pedal rem atau harus ke N ataupun ke P untuk mobil matik di lampu merah, berikut ini penjelasan ahlinya.

Dikutip dari Otoseken.id, menurut ahli transmisi matik, Hermas Efendi Prabowo selaku pemiliki bengkel spesialis matik Worner Matic, hal tersebut tergantung kondisi, jika lampu merah atau berhenti di kemacetan hanya sebantar cukup injak pedal rem saja dengan posisi tuas transmisi tetap D.

Sebab masih kata Hermas, mobil-mobil matik modern sudah memiliki torque converter clutch (TCC) yang canggih.

Baca juga: Jasad Gadis 24 Tahun Tanpa Busana Ditemukan Dalam Mobil Mewah, Polisi: Tak Ada Tanda Rudapaksa

“Transmisi matik jaman dulu itu umumnya belum pakai torque converter clutch, sehingga tenaga yang disalurkan ke mesin itu sepenuhnya disalurkan, akibatnya mesin bergetar atau stall” jelas Hermas.

“Mobil matik modern sudah mempunyai torque converter clutch canggih yang memungkinkan ketika direm, tenaga yang disalurkan berkurang secara signifikan, sehingga mesin tidak terlalu bergetar atau stall, itu menandakan bebannya sudah banyak dikurangi,” lanjutnya.

Lain halnya jika mobil berhenti di lampu merah terlalu lama.

Baca juga: Siapkan Dana, Harga 21 Mobil Ini Diprediksi Turun Mulai Maret 2021

“Matik itu kan diciptakan untuk kenyamanan, kalau sebentar-sebentar pindah ke netral kan repot,  kelamaan injak pedal rem kan pegal juga, makanya lebih nyaman kalau berhenti lama pindahkan saja ke Netral,” ujarnya.

Sedangkan jika tuas dipindahkan ke P, malah nambah repot, sebab tuas transmisi di P diperuntukkan hanya untuk parkir saja.

“Geser ke P cuma bikin repot saja karena waktu mau geser ke D (Drive) lagi jadi lebih jauh, harus pindah dua step, lewat R dan N dulu baru ke D,” katanya.

Kebiasaan memindahkan tuas ke P di lampu merah juga menyimpan bahaya tersendiri, dikhawatirkan pengemudi tidak sadar, malah ke gigi mundur (R) sebab dari P ke R hanya pindah satu step.

Baca juga: Tiga Kebiasaan yang Bikin Mobil Matik Cepat Rusak

Jadi jika di lampu merah dengan durasi yang lama, disarankan untuk pindahkkan tuas transmisi ke N, sementara jika berhentinya hanya sebantar, tidak masalah tetap di D dengan menginjak pedal rem. (Ali)

SebelumnyaAntusias Masyarakat Melakukan Vaksinasi Covid-19 di Mapolsek Batu Ampar Sangat Tinggi
SelanjutnyaPeringatan Maulid Nabi di Batam, Umat Islam Diajak Meneladani Rasulullah

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin