Home Gaya Perempuan

Shabby Chic, Desain Interior Unik nan Cantik

335
Shabby Chic
Ruang tamu yang diberi sentuhan shabby chic tampil lembut. (F: Alfiah Wulandari untuk barakata.id)

Barakata.id, Batam – Bosan dengan gaya ruangan yang begitu-begitu saja, desain shabby chic bisa jadi salah satu alternatif. Gaya shabby chic ini menekankan elemen lembut dan feminim.

Tak heran jika penggemar desain ini kebanyakan kaum perempuan.

Desain ini menggabungkan mebel antik dengan warna-warna pastel seperti biru, merah muda, hijau bahkan emas, renda dan motif bunga. Warna-warna itu dapat diaplikasikan secara tak merata pada panel dinding maupun furnitur pengisi ruangan.

Baca Juga :
5 Inspirasi Desain Dapur Bergaya Eklektik, Mewah dan Unik

Desain interior shabby chic ini awalnya berkembang di Inggris. Desain ini membangkitkan kembali dekorasi seperti rumah-rumah di pedesaan yang tampak usang namun anggun dan kental dengan tren daur ulang furnitur.

Hasil daur ulang ini merupakan elemen yang penting dan menjadikan shabby chic sebagai karya seni yang elegan.

“Desain shabby chic ini sangat familiar. Di Batam bahkan ada komunitasnya, namanya Home Decor Family Batam. Nah penggemar shabby chic di Batam juga banyak yang gabung di komunitas upload Do It Your Self (DIY) Batam. Jadi di sinilah kami saling belajar membuat barang-barang bekas menjadi barang shabby chic,” tutur penggemar desain shabby chic, Alfiah Wulandari kepada barakata.id, Jumat (5/6/20).

Ruang tengah kental nuansa kafe. (F Alfiah Wulandari untuk Barakata.id)

Wanita yang tinggal di Batuaji, Batam ini sudah 3 tahun menyukai desain shabby chic. Dia mengaplikasikan gaya itu menjadi desain interior rumahnya.

“Shabby chic itu macam-macam sih pilihan modelnya. Ada yang model vintage, model Eropa, dan lain-lain. Kalau saya punya desain homecafe. Jadi rumah saya didesain seperti kafe,” ucapnya.

Desain homecafe itu diaplikasikan oleh Wulan, panggilan akrabnya ke seluruh ruangan. Mulai dari ruang tamu, ruang tengah, dapur bahkan taman dengan atap terbuka. Semua bertema homecafe.

Dapur pun di desain dengan padu padan warna yang lembut. (F : Alfiah Wulandari untuk Barakata.id)

Wulan memberikan sentuhan warna-warna lembut untuk desain interiornya. Mulai dari sofa ruang tamu yang dominan warna biru dan ruang tengah dengan warna hijau dan cokelat serta meja- kursi bulat seperti di kafe.

Untuk dapurnya, Wulan mengaplikasikan warna lembut cenderung cerah. Permainan warna putih, oranye dan merah muda membuat ruangan tampil lembut namun segar.

“Tak hanya permainan warna, shabby chic juga dominan dengan bunga. Penataan bunga ini di kombinasikan dengan barang-barang tua yang sudah didaur ulang menjadi baru,” kata dia.

Unsur kayu juga banyak dimasukkan Wulan dalam aplikasi desainnya. Mulai dari palet bekas atau talenan kayu diubah menjadi hiasan cantik dengan teknik DIY.

Baca Juga :
Bisnis Fesyen Tak Mati di Masa Pandemi

Shabby chic membuatnya banyak berkreasi. Menurut dia, penataan shabby chic itu mudah. Bahkan barang-barang yang telah lama disimpan di lemari pun bisa jadi pajangan yang cantik.

“Contohnya piring keramik yang unik, biasanya kan cuma disimpan. Nah kalau di dunia home decor lovers itu bisa jadi display di dinding rumah lho, bahkan tudung saji yang unik pun bisa jadi display keren,” ucapnya.

Alfiah Wulandari penggemar shabby chic. (F: Istimewa)

Banyak manfaat dengan menerapkan desain shabby chic ini. Rumah jadi terlihat lebih rapi dan bersih, sehingga jadi tempat yang nyaman untuk jadi tempat tinggal.

Shabby chic juga cukup kasual dan tak terlalu rumit. Tak ada pakemnya, penggemar shabby chic bebas menggabungkan unsur vintage yang diminati.

*****
Penulis : Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin