Home Kepulauan Riau Keluarga Terkonfirmasi Covid-19 dapat Bansos, Ini Kriterianya

Keluarga Terkonfirmasi Covid-19 dapat Bansos, Ini Kriterianya

Bansos untuk keluarga yang terkonfirmasi Covid-19 ini tak diberikan kepada seluruh keluarga yang anggota keluarganya terpapar Covid-19. Ada kriteria yang harus dipenuhi untuk mendapatkan bansos ini.

“Tidak semua keluarga yang terkonfirmasi positif yang menerima. Hanya yang sudah sesuai dengan kriteria,” kata Ansar.

Kriterianya di antaranya, orang yang terpapar Covid-19 memiliki pendapatan harian. Sehingga jika dia tak bekerja tak akan mendapatkan upah untuk memenuhi kebutuhan keluarganya.

Baca Juga:

Kemudian kepala keluarga yang terkena Pemutusan Hubungan Kerja (PHK), lansia, disabilitas dan keluarga rentan miskin.

Ansar mengatakan, bantuan itu nanti akan diberikan langsung kepada keluarga tak mampu yang terkonfirmasi Covid-19. Sehingga jika mereka isolasi mandiri selama 14 hari tidak akan keluar rumah untuk mencari biaya hidup sehari-hari.

Kepala Dinas Sosial Kepri Doli Boniara mengatakan data penerima bansos ini adalah data terpadu kesehateraan sosial (DTKS) Kementerian Sosial.

Dari tanggal 26 Juni sampai 2 Juli 2021, data keluarga yang menerima bantuan tersebut untuk kategori terkonfirmasi positif Covid-19 adalah 154 keluarga.

“Sementara penerima bantuan sosial untuk kategori meninggal dunia dari 8 Juli sampai dengan 2 Agustus 644 orang,” ujarnya.

Bagi yang tidak terdata dalam DTKS, maka Gubernur Kepri sudah memberikan instruksi agar cukup menggunakan surat keterangan tidak mampu dari kelurahan. Namun harus dipastikan oleh RT dan RW warga tersebut bahwa memang warga yang bersangkutan layak menerima bantuan sosial.

“Akan tetapi dengan pengawasan yang harus benar-benar jelas,” kata Ansar.

Baca Juga:

Ansar juga meminta seluruh bupati dan wali Kota se Kepri untuk mengawasi sampai tingkat lurah atau kepala desa, sehingga tak ada pihak yang ambil keuntungan dari bansos ini.

“Karena bantuan sosial ini harus diberikan tepat sasaran kepada mereka yang sangat membutuhkan,” kata dia.

***

Editor: Asrul R

1
2

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin