Home Warta Dunia

Izin Praktik Dokter Ini Dicabut karena Terlalu Seksi

347
Nang Mwe San (F: Instagram)

Myanmar – Nang Mwe San, seorang dokter di Myanmar mau menggugat Dewan Kesehatan negara itu. Ia tidak terima pemerintah mencabut izin praktik dokternya cuma gara-gara berpenampilan terlalu seksi.

Rencana dokter berparas cantik itu menempuh jalur hukum melawan pemerintah, langsung membuat namanya terkenal dan sosoknya pun sukses mencuri perhatian penduduk setempat.

Menurut otoritas kesehatan Myanmar, Nang Mwe San telah bersikap tidak sopan karena sering mengunggah foto-foto seksinya di media sosial Facebook dan Instagram. Izin praktik dokter Nang pun resmi dicabut pada 3 Juni lalu.

Tapi Nang berkilah, berpenampilan seksi merupakan hak pribadinya. Ia pun geram karena kerja kerasnya untuk mendapatkan gelar dokter lima tahun lalu seakan tidak dihargai oleh dewan.

“Mereka seharusnya tak mengganggu kebebasan pribadi saya. Itu bukan urusan mereka,” ujarnya seperti dilansir dari Agence France-Presse, Senin (17/6/19).

Baca Juga : Yasmeen al-Maimani, Pilot Perempuan Pertama Pesawat Komersil Arab Saudi

Nang mengakui, ia sudah lama tidak menjalani praktik dokter, sudah hampir dua tahun lamanya. Hal itu terjadi karena ia sedang mencoba meniti karir di dunia model.

Karena tuntutan pekerjaan yang baru itu pula, Nang kerap berfoto dengan pose-pose yang menggoda.

Dokter Nang sering mengenakan bikini atau baju terbuka lainnya.

Menurutnya, dalam kode etik kedokteran tak menyebutkan larangan dalam berpakaian.

“Saya tentu saja tidak berpakaian seperti itu saat merawat pasien,” ujarnya.

Mengutip Channel News Asia, Nang menegaskan, ia tak ingin melepaskan salah satu profesinya apakah dokter atau model. Karena itu, dia akan mengajukan banding sambil terus menekuni bidang model.

Nang berharap, dewan kesehatan bisa mengembalikan izin praktiknya.

“Tak mudah menjadi dokter. Jadi, tentu saja saya sedih,” katanya.

Nang Mwe San (F: Instagram)

Namun, apa yang dilakukan Nang ditanggapi berbeda oleh Dewan Kesehatan Myanmar. Gaya berpakaian dokter berusia 29 tahun itu dinilai sudah menyalahi budaya dan tradisi Myanmar.

Baca Juga : Nguyen Thao, Miliarder Cantik Pemilik VietJet Air

Dalam surat keputusannya, Dewan Kesehatan Myanmar menyatakan, izin praktik dokter Nang Mwe San resmi dicabut pada 3 Juni 2019.

“Gaya berpakaian Nang Mwe San menyalahi budaya dan tradisi Myanmar,” bunyi kutipan surat keputusan tersebut.

Sebelum keputusan pencabutan izin praktiknya dicabut, Nang pernah mendapat peringatan dari dewan. Dan dokter Nang disebutkan sudah menandatangani kesepakatan untuk menghapus semua foto seksi di laman Facebook-nya.

Oleh karena itu, Nang langsung meradang ketika menerima surat keputusan dari Dewan Kesehatan Myanmar yang mencabut izin praktik dokter miliknya. Ia memutuskan akan membawa masalah ini ke jalur hukum.

*****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin