Habib Rizieq Shihab: 3 Bulan, 3 Kasus, 3 Tersangka

169

3. Kasus Kabar Bohong

Rabu, 25 November 2020, Habib Rizieq Shihab masuk ke ruang Instalasi Gawat Darurat (IGD) Rumah Sakit UMMI, Bogor, Jawa Barat dengan keluhan mengalami kelelahan akibat padatnya aktivitas setelah tiba di Tanah Air dari Arab Saudi, dua pekan sebelumnya. Ia kemudian dirawat di ruangan president suite rumah sakit tersebut.

Kala itu, pihak rumah sakit menjelaskan bahwa kondisi Rizieq dalam keadaan sehat. Dari pemeriksaan atau screening awal, tidak ditemukan gejala yang mengarah kepada Covid-19.

Belakangan, hasil tes swab RS UMMI terhadap Rizieq dipertanyakan. Polisi dan pihak terkait lain pun melakukan penelusuran dan memeriksa dia. Hasilnya, Habib Rizieq sempat terinfeksi virus corona.

Baca Juga :

Tanpa ragu, polisi kemudian menetapkan status tersangka kepada Habib Rizieq Shihab. Tuduhannya, menyiarkan berita bohong tentang hasil tes usap.

“Diketahui bahwa dia (Rizieq) sudah positif (Covid-19) itu pada tanggal 25 November. Tapi tanggal 26 November itu mereka ngomong tidak ada masalah, sehat walafiat tidak ada sakit apapun. Disebarkan melalui Front TV,” kata Direktur Tindak Pidana Umum Bareskrim Polri, Brigjen Pol Andi Rian Djajadi, Selasa (12/1/21).

Baca Juga :

Dalam kasus ini, selain Rizieq, polisi juga menetapkan Direktur Utama RS UMMI dr Andi Tatat dan menantu Habib Rizieq Hanif Alatas sebagai tersangka.

Pihak RS UMMI dinilai menghalangi atau menghambat Satgas Covid-19 untuk melakukan tes swab kepada Rizieq, serta tidak memberikan penjelasan yang utuh terkait protokol proses penanganan terhadap pasien terinfeksi Covid-19.

Para tersangka diduga melakukan tindak pidana, melanggar Pasal 14 Ayat (1) UU Nomor 4 Tahun 1984 tentang Wabah Penyakit Menular.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin