Habib Rizieq Shihab: 3 Bulan, 3 Kasus, 3 Tersangka

169

1. Kasus Petamburan

Pada 14 November 2020, FPI menggelar acara Maulid Nabi Muhammad SAW di markasnya, Petamburan, Jakarta Pusat. Acara itu juga berbarengan dengan hajatan pernikahan putrinya, Najwa Shihab.

Acara Maulid Nabi itu dihadiri oleh ribuan anggota FPI yang berasal dari segala penjuru Indonesia. Banyak pihak, terutama institusi pemerintahan yang menyayangkan digelarnya acara tersebut.

Pasalnya, saat ini Indonesia masih pandemi Covid-19. Acara tersebut dianggap melanggar protokol kesehatan sehingga berpotensi menimbulkan klaster baru penularan virus corona.

Baca Juga :

Begitu pula dengan acara pernikahan putri Habib Rizieq, didatangi oleh ramai orang, dan dipandang pemerintah telah mengangkangi aturan soal kerumunan massa.

Polisi kemudian memanggil panitia Maulid Nabi dan acara pernikahan Najwa Shihab, termasuk sang Imam Besar FPI. Tak lama kemudian, polisi menetapkan sejumlah orang sebagai tersangka setelah memeriksa beberapa saksi dan melakukan gelar perkara.

Baca Juga :

Habib Rizieq yang sempat menolak dipanggil untuk diperiksa, akhirnya mendatangi Polda Metro Jaya pada Sabtu, 12 Desember 2020. Ia dicecar 84 pertanyaan oleh Penyidik, dengan durasi pemeriksaan hingga 10 jam lamanya.

Usai diperiksa, polisi memutuskan untuk langsung menahan Rizieq. Ia pun dimasukkan ke dalam sel di Rutan Polda Metro Jaya. Untuk kasus ini, Habib Rizieq dijerat Pasal 160 dan 216 KUHP.

2. Kasus Megamendung

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin