Home Nusantara

Bupati Blitar Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila, Apa Pesannya?

32
Bupati Blitar Pimpin Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila
Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila.

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Dalam rangka memperingati Hari Kesaktian Pancasila, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Blitar melaksanakan upacara Kesaktian Pancasila dengan tema ”Bangkit Bergerak Bersama Pancasila” di Aloon-Aloon Kanigoro, Sabtu (1/10/2022).

Bertindak sebagai pimpinan upacara yakni Bupati Blitar Rini Syarifah, upacara tersebut diikuti oleh jajaran TNI-Polri, para pelajar dan seluruh ASN dilingkup Pemerintahan Kabupaten Blitar, yang diawali dengan pembacaan teks Pancasila.

Bupati Blitar yang akrab disapa Mak Rini dalam kesempatannya mengungkapkan, bahwa sejak diproklamasikan kemerdekaan negara kesatuan Republik Indonesia pada tanggal 17 Agustus 1945, banyak terjadi rongrongan baik dari dalam negeri maupun luar negeri terhadap ideologi bangsa Indonesia.

Untuk itu, ia mengajak kepada seluruh elemen masyarakat agar selalu menjaga kewaspadaan terhadap kemungkinan yang akan menumbangkan ideologi Pancasila.

“Maka dari itu, dengan semangat kebersamaan yang dilandasi oleh nilai-nilai luhur di dalam Pancasila, maka kita akan dapat memperkokoh tegaknya negara kesatuan Republik Indonesia. Sehingga kita dituntut untuk memperkuat persatuan dan kesatuan,” jelasnya.

Kemudian menurut Mak Rini, kekuatan Pancasila di Blitar sangat luar biasa. Sebab, di Blitar juga terkenal dengan Bung Karno. Dimana, nilai-nilai Pancasila sudah tertanam sejak dahulu dan kita harus semangat mengamalkannya.

“Dengan begitu kita semua berharap bisa menjaga kondisi ekonomi, sosial, dan politik di Kabupaten Blitar agar tetap aman,” tuturnya.

Terakhir, di momentum Hari Kesaktian Pancasila ini, Bupati Blitar juga mengajak masyarakat untuk bersama-sama, bergotongroyong untuk saling bersinergi antar semua elemen.

“Mari saling bersinergi, berkolaborasi dan menjaga keharmonisan untuk mewujudkan Kabupaten Blitar yang mandiri dan sejahtera,” pesannya. (adv/kmf/jun)

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin