Home Nusantara Bupati Blitar Hadiri Pembukaan TMMD ke-112, Dandim Blitar : Ini Merupakan Dasar...

Bupati Blitar Hadiri Pembukaan TMMD ke-112, Dandim Blitar : Ini Merupakan Dasar dari Pertahanan Negara

32
Bersama Satgas TMMD, Bupati Blitar
Bersama Satgas TMMD, Bupati Blitar meninjau lokasi pembangunan jembatan penghubung antar desa. (Foto : achmad/barakata.id).
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Bupati Blitar Rini Syarifah didampingi Sekretaris Daerah (Sekda) Izul Mahrom, Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR), Dicky Cubandono menghadiri pembukaan TNI Manunggal Membangun Desa (TMMD) ke-112 tahun 2021 di Desa Pakisaji, Kecamatan Kademangan, Kabupaten Blitar, Rabu (15/9/2021).

Sebagai tanda telah dimulainya kembali TMMD usai Pra TMMD, Bupati Blitar diberi kesempatan untuk membuka kegiatan tersebut dengan ditandai peletakan batu pertama program rumah tidak layak huni (RTLH), yang selanjutnya diteruskan oleh Dandim 0808/Blitar, Letkol Inf Didin Nasruddin Darsono. lalu Kapolres Blitar, AKBP Adhitya Panji Anom.


Bupati Rini Syarifah yang biasa di panggil Mak Rini kepada wartawan mengatakan, kegiatan TMMD ke-112 kali ini difokuskan pada pembangunan sarana transportasi berupa jembatan, perbaikan jalan makadam, rehab tempat ibadah, serta pembangunan bedah RTLH untuk masyarakat dan pembangunan Jambanisasi.

“Ini sangat membantu masyarakat. Untuk itu saya ucapkan terimakasih kepada TNI dalam kemanunggalannya. Tadi ada pembangunan jembatan, ada pembangunan Rutilahu (RTLH) dan juga Bansos (bantuan sosial),” ungkapnya.

Baca juga : Tingkatkan Kesadaran Hidup Sehat, Kodim 0808/Blitar Bangun Jambanisasi

“Selain itu, kami juga mengapresiasi dan mendukung program tersebut. Bersama masyarakat dan pemerintah, Pemkab Blitar siap mendukung kegiatan TMMD ini,” sambung Mak Rini.

Kemudian Bupati berpesan, bahwa hasil-hasil pembangunan agar terus dijaga dan dipelihara, agar manfaatnya dapat terus dirasakan dalam kurung waktu yang lama.

“Maka peran pemerintah desa, lembaga kemasyarakatan dan warga masyarakat sendiri sebagai pengguna sangatlah dibutuhkan, sehingga infrastruktur yang dibangun dapat dipergunakan dalam waktu yang cukup lama,” tuturnya.

Sementara, Dandim 0808/Blitar Letkol Inf Didin menyampaikan, bahwa TMDD merupakan program terpadu lintas sektor TNI. Kegiatannya adalah fisik dan non fisik. Dilaksanakan bersama masyarakat, guna meningkatkan akselerasi pembangunan perdesaan.

Baca juga : Begini Alasan Kodim 0808/Blitar Himbau Warga Positif Covid-19 Agar Isolasi Terpusat

“Kegiatan TMDD merupakan wujud nyata kebersamaan TNI dengan masyarakat. Karena melalui kegiatan ini ada gotong-royong, partisipasi dan swadaya dari masyarakat,” tutur Dandim.

Tambahnya, selain diperuntukan untuk masyarakat, hal ini juga untuk mendukung progam-program dalam rangka penyiapan pertahanan negara atau mendukung pihak Kepolisian dalam rangka menciptakan ketertiban di masyarakat.

“Sedangkan tujuan akhir dari TMMD itu sendiri adalah kemanunggalan TNI dengan rakyat. Kerena, pada prinsipnya kita tidak bisa berjalan sendiri. Sesuai dengan amanat undang-undang, menggunakan pertahanan rakyat semesta, ini modal dasar pertahanan negara,” tandasnya.(adv/kmf/jun).

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin