Home Nusantara

Bupati Blitar Hadiri Penanaman 10 Ribu Pohon Mangrove, Ini Bentuk Komitmen dan Dukungan Pariwisata

27
Bupati Blitar Hadiri Penanaman 10 Ribu Pohon Mangrove
Foto: Istimewa

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Bupati Blitar Rini Syarifah menghadiri penanaman 10 ribu pohon mangrove dan pelepasan tukik di Pantai Serang, Kecamatan Panggungrejo, Senin (26/9/2022).

Kegiatan tersebut diinisiasi oleh PT Permodalan Nasional Madani (PNM) melibatkan komunitas pencinta lingkungan, Forkompinda, Forkompincam Panggungrejo, beberapa kepala OPD terkait, Pemerintah Desa (Pemdes) Serang, serta ratusan masyarakat setempat, guna kelestarian alam dan lingkungan.

“Selain itu, juga dalam rangka mendukung pariwisata di Pantai Serang,” kata Bupati Blitar yang biasa disapa Mak Rini kepada awak media.

Mak Rini juga mengatakan, bahwa kegiatan ini merupakan bagian dari Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) PNM Cabang Blitar bersama pemerintah daerah dalam upaya melindungi garis pantai dari abrasi atau pengikisan dengan menanam pohon mangrove.

“Ini juga sebagai bentuk kecintaan dan komitmen kita dalam melestarikan lingkungan,” lanjutnya.

Lebih lanjut ia menjelaskan, kenapa memilih tumbuhan mangrove? sebab, tumbu mangrove salah satu jenis tumbuhan yang memiliki akar yang kokoh, yang dapat meredam gelombang besar termasuk tsunami.

Tambahnya, hutan mangrove sangat berguna memperbaiki ekosistem pesisir pantai, mengurangi abrasi air laut, dan menjaga habitat disekitar mangrove. Bahkan, mangrove sebagai upaya menyimpan emisi karbon lebih banyak hutan tropis di darat.

“Dengan begitu juga hal tersebut akan menjadi daya pikat, baik wisatawan lokal maupun manca negara,” pungkasnya. (adv/kmf/jun)

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin