Home Parenting 4 Cara Membesarkan Anak Agar Suka Membaca

4 Cara Membesarkan Anak Agar Suka Membaca

Anak Agar Suka Membaca
Kredit: pexels andrea piacquadio
DPRD Batam

Barakata.id – Membaca merupakan salah satu aktivitas penting bagi anak yang terkadang dilupakan oleh banyak perempuan. Padahal, kebanyakan anak kecil, dari bayi hingga anak TK, senang mendengarkan cerita.

Kesenangan akan membaca merupakan hal yang baik karena membaca penting untuk perkembangan, pembelajaran, dan masa depan anak.

artikel perempuan

Namun, bagi banyak anak yang lebih besar, membaca dapat mulai terasa berat bahkan seperti tugas, terutama ketika handphone lebih banyak mendominasi dalam mengisi waktu luang mereka.

Dikutip dari Very Well Family, berikut 4 cara menumbuhkan minat baca pada anak yang perlu diperhatikan oleh orang tua:

1. Baca dengan Keras

Para ahli setuju bahwa membaca bersama anak adalah cara terbaik untuk menumbuhkan kecintaan membaca. Tujuan membaca adalah kegiatan sosial, bukan kegiatan menyendiri, sehingga membangun relasi serta pengetahuan dan rasa ingin tahu.

Selain itu, jika tujuanmu adalah untuk mendorong kecintaan membaca, jangan menganggap waktu membaca sebagai waktu untuk mengajarkan keterampilan literasi.

Tetapi, fokuslah pada kesenangan membaca dan mendengar cerita, maka anakmu akan mendapat manfaat hanya dengan mendengarkan.

2. Bicara Tentang Buku

Saat membacakan buku dengan suara keras untuk bayi dan anak kecil, luangkan waktu untuk melihat gambar dan membicarakan apa yang kamu lihat.

Pendekatan ini akan meningkatkan pemahaman dan keterlibatan yang lebih besar. Kamu juga dapat menggunakan nada suara untuk menghidupkan cerita.

Saat membaca, jeda dan ajukan pertanyaan juga bisa dilakukan. Mintalah anak untuk memprediksi apa yang akan terjadi, meringkas apa yang terjadi sejauh ini, atau berikan pemikiran mereka tentang mengapa karakter melakukan apa yang mereka lakukan.

Membicarakan cerita dapat membantu menghidupkannya dan akan membantu membangun keterlibatan, keterampilan pemahaman, pemikiran kritis, dan kesenangan secara keseluruhan.

3. Bangun Rasa Ingin Tahu dan Minat

Pilih buku yang mencerminkan minat anakmu, apakah itu kupu-kupu, olahraga, otomotif, peri, katak, atau pahlawan super.

Hal ini akan membantu menjaga anakmu terlibat dalam kesenangan membaca. Kamu juga dapat membiarkan anak memilih bukunya sendiri. Jika tidak yakin harus mulai dari mana, mintalah rekomendasi dari guru, teman, pustakawan, dan orang tua lainnya. Selain itu, pastikan kamu menemukan buku dengan karakter yang mirip dengan anak dan keluargamu.

4. Orang Tua Suka Membaca

Para ahli setuju bahwa penting bagi anak untuk melihat orang tuanya rutin membaca untuk kesenangan. Jika memungkinkan, luangkan waktu di siang hari untuk bersantai, duduk, dan membaca.

Melihat aktivitas orang tua yang suka membaca memberi kesan bahwa membaca adalah aktivitas seumur hidup yang menyenangkan.

Juga, ketahuilah bahwa apa yang dibaca tidak harus berupa buku, bisa juga berupa surat kabar, resep, label makanan dalam bentuk cetak atau online.

Dapatkan update berita pilihan setiap hari bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA kemudian join.