Home Kepulauan Riau Akun Facebook Wagub Kepri Dicatut, Ini Beda yang Asli dan Palsu

Akun Facebook Wagub Kepri Dicatut, Ini Beda yang Asli dan Palsu

34
Akun Facebook Wagub Kepri
Sebelah kiri merupakan akun Marlin yang resmi atau asli, sedangkan sebelah kanan merupakan akun palsu. (F: Barakata.id/Tangkapan Layar Facebook)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Kepulauan Riau- Akun Facebook Wakil Gubernur (Wagub) Kepri Marlin Agustina dicatut. Plt Kabiro Humas, Protokol dan Penguhubung Kepri Hasan mengimbau para penggunaan sosial lebih berhati-hati.

“Jangan langsung percaya jika ada pesan dari akun yang mengatasnamakan pejabat daerah, apalagi mengatasnamakan Gubernur dan Wakil Gubernur,” kata Hasan, dikutip dari kepriprov.go.id, Rabu (14/7/21).

Menurut Hasan, siapa saja bisa menjadi orang lain di media sosial. Masyarakat lah yang dituntut untuk lebih cerdas. Jangan gampang percaya terhadap sumber dan informasi apapun yang diterima, sebelum membuktikan sendiri kebenarannya.

Baca Juga:

Dari kasus pencatutan akun Wagub Kepri ini, Hasan mengatakan jelas ada unsur kesengajaan untuk tujuan tertentu.

“Dan hal seperti ini sebelumnya dialami juga oleh Gubernur,” terangnya.

Ini Beda Akun Asli dan Palsu

Hasan mengatakan, untuk membedakan akun Facebook Marlin yang asli dan yang palsu, bisa dilihat dari foto profil dan foto banner yang digunakan.

Di foto profil Facebook resmi atau asli, dipajang foto Marlin sedang berdiri sedikit membungkuk. Tangannya ditangkupkan dan dirapatkan di dada.

Sedangkan foto banner yang digunakannya tampak Marlin sedang menyanyi didampingi suaminya, Muhammad Rudi.

Sementara itu, di akun Facebook palsu, foto profilnya memperlihatkan Marlin sedang duduk di meja kerja. Di depannya terdapat papan nama bertuliskan “WAKIL GUBERNUR”.

Sedangkan foto banner yang digunakannya adalah foto Marlin sedang berdiri diapit dua orang. Ketiganya menggukana has warna hitam.

Baca Juga:

“Sekali lagi saya sampaikan, di media sosial, siapapun bisa menjadi siapa saja. Makanya kita harus berhati-hati. Apalagi foto Wakil Gubernur banyak di internet yang bisa diambil,” kata Hasan.

Hasan meminta masyarakat agar mengonfirmasi ke Humas Pemrov Kepri jika ada akun palsu lainnya yang mengatasnamakan pejabat daerah. Apalagi jika akun tersebut disalahgunakan.

Dari pantauan Barakata.id, akun resmi Marlin memiliki 4.941 teman. Sedangkan akun palsu nya juga memiliki pertemanan yang cukup banyak, yaitu sebanyak 2.427 teman.

***

Editor: Asrul R

Advertisement
SebelumnyaProyek Pengendalian Banjir Rp16,3 Miliar di Tanjungpinang Macet
SelanjutnyaPemprov Kepri Maksimalkan Potensi Maritim untuk Dongkrak PAD