Home Kepulauan Riau Awas, Akun Palsu Wagub Kepri Marlin Agustina Cari Mangsa di Facebook

Awas, Akun Palsu Wagub Kepri Marlin Agustina Cari Mangsa di Facebook

96
Wagub Kepri Marlin Agustina
Tangkapan layar akun palsu di Facebook yang mengatasnamakan Wagub Kepri Marlin Agustina. (F: barakata.id)
Himbauan Pemprov Kepri

Barakata.id, Batam – Nama Wakil Gubernur (Wagub) Kepri Marlin Agustina dicatut orang untuk akun media sosial (medsos) Facebook. Warga pengguna jejaring pertemanan diminta waspada dan berhati-hati.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informasi (Kominfo) Kota Batam, Azril Apriansyah mengatakan, telah beredar akun palsu di medsos Facebook yang menggunakan foto Wagub Kepri Marlin Agustina.


Menurut dia, berdasarkan riwayat pembuatan akun palsu tersebut telah aktif sepekan terakhir dengan nama akun Marlin Agustina. Di akun tersebut dituliskan pula status pekerjaaannya sebagai Wakil Gubernur Kepulauan Riau.

BACA JUGA : Kominfo Lacak Pembuat Akun Facebook dan Whatsapp Palsu Istri Gubernur Kepri

Tak hanya mencatut nama dan foto, oknum yang mengatasnamakan Marlin Agustina di Facebook tersebut juga berani melakukan percakapan melalui Messenger ke pengguna Facebook lain. Pencatut itu meminta nomor WhatsApp, kemudian meminta enam angka yang dikirimkan ke nomor SMS calon korban.

Azril mengatakan, akun palsu Marlin Agustina di Facebook itu memiliki link https://www.facebook.com/marlin.agustina.98.

“Jangan pernah memberi nomor handphone atau kode verifikasi kepada orang yang mengatasnamakan Marlin Agustina dengan link tersebut. Kami pastikan itu pakai akun palsu” katanya kepada barakata.id di Batam, Selasa (23/3/21).

Azril menegaskan akun Facebook asli yang digunakan Marlin Agustina adalah akun dengan link https://www.facebook.com/marlinagustinarudi.

Melihat kepada kasus-kasus penipuan dengan modus serupa, kata Azril, upaya penipuan ini ditengarai berujung pada pembajakan aplikasi WhatsApp korban.

Untuk diketahui SMS berisi enam angka tersebut merupakan kode verifikasi dari WhatsApp. Para pelaku kejahatan tersebut sedang berusaha untuk membajak atau mengambil alih akun WhatsApp.

Caranya, pelaku menginstal akun WhatsApp dan mendaftarkan nomor ponsel korban di akun tersebut. Untuk mengambil alih akun itu, para pelaku kejahatan butuh enam digit kode verifikasi yang dikirimkan ke nomor ponsel korban oleh WhatsApp.

BACA JUGA : Ratusan Orang Tertipu Beli Emas Antam Lewat Facebook, Puluhan Miliar Lesap

Setelah nomor WA diambil alih, pelaku akan menipu para korban dengan meminta sejumlah uang atas nama pemilik telepon seluler.

Karena nomor ponsel tidak ada pada pelaku kejahatan, pelaku melakukan rekayasa sosial dengan membujuk korban memberikan SMS berisi enam angka.

Azril mengimbau masyarakat dan pengguna Facebook agar berhati-hati dalam bermedia sosial dan tidak mudah tertipu akun yang mengatasnamakan orang lain.

“Dimohon untuk tidak merespon semua percakapan atau permintaan mengatasnamakan Marlin Agustina via facebook tersebut,” pungkasnya.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin