Home Kepulauan Riau

6 Pekerja Migran Dipulangkan Lewat Batam, 1 Diantaranya Meninggal

Pekerja Migran Dipulangkan
Wakil Wali Kota Batam Amsakar Achmad rapat bersama para pihak terkait pemulangan pekerja migran Indonesia lewat Batam, Selasa (29/12/20). (F: Humas Pemko Batam)

Barakata.id- Sebanyak 6 anak buah kapal (ABK) asal Indonesia yangyang merupakan pekerja migran Indonesia dipulangkan lewat Batam, besok, Rabu (30/12/20). Pemerintah Kota (Pemko) Batam menyatakan siap memfasiltiasi para kepulangan pekerja migran ini.

Para ABK ini bekerja di kapal ikan Zhaziang Halrong milik China. Dari 6 pekerja migran Indonesia (PMI) itu satu diantaranya pulang dalam keadaan sudah tak bernyawa, alias meninggal dunia.

Baca Juga:
Rekrut Calon Pekerja Migran dari Facebook, 3 Orang Jadi Tersangka

Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad mengatakan pihaknya bersama Badan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP2MI), KKP, KSOP, Guskamla, Bakamla dan Forkompinda telah melakukan rapat untuk mempersiapkan kepulangan pekerja migran tersebut.

“Rencanaya tiba besok sekitar jam 08.00 di Batam,” kata Amsakar, Selasa (29/12/20).

Amsakar mengatakan, para pekerja migran ini telah lama berada di laut. Kondisi pandemi membuat para pekerja migran ini harus dipulangkan ke Indonesia. Kepulangan para ABK ini melalui jalur laut atas permintaan Kementerian Luar Negeri.

Baca Juga:
Kominfo Berikan Pelatihan Digital untuk Eks Pekerja Migran

Nantinya, begitu sampai di Batam, para pekeja migran itu tak langsung dipulangkan ke daerah asal. Melainkan dikarantina dahulu sesuai standar protokol kesehatan. Sementara untuk yang meninggal akan dilakukan autopsi di RS Bhayangkara.

“PMI yang lainnya akan ditampung oleh BP2MI di Baloi,” ujarnya.

***

Editor: Asrul R

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin