Home Nusantara Tarif Terbaru Tes Swab PCR, PCR Kumur dan Rapid Antigen

Tarif Terbaru Tes Swab PCR, PCR Kumur dan Rapid Antigen

177
Tarif Terbaru Swab PCR dan Antigen
Foto ilustrasi tes Covid-19.
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Jakarta – Di Indonesia, tarif tes Swab PCR, PCR kumur, Rapid Antigen hingga GeNose memang bervariasi. Bagi masyarakat yang ingin tahu tarif terbaru, bisa disimak di artikel ini.

Saat ini, jenis tes Covid-19 memang beraneka ragam. Sejak kemunculan kasus pertama pada Maret 2020, macam tes corona terus berkembang.


Sempat ada pengambilan sampel melalui darah, lalu pangkal hidung dan tenggorokan, embusan napas, hingga kumur (gargling). Kini, ada jenis alat tes Covid-19 terbaru yakni PCR kumur bernama Bio Saliva.

BACA JUGA : Kemenkes Batasi Tarif Tes Swab, Maksimal Rp900 Ribu

Tes tersebut tanpa harus colok hidung, kerja dari alat ini merupakan cara baru untuk mendeteksi virus Corona hasil produksi PT Bio Farma (Persero) bersama perusahaan rintisan bioteknologi Nusantics.

Dilansir dari detikcom, Senin (5/7/21), berikut daftar tarif tes Swab PCR, PCR Kumur dan Rapid Antigen di Indonesia:

1. Swab PCR

Tes Corona melalui swab PCR ini masih dianggap yang paling akurat dengan pengambilan spesimen melalui pangkal hidung dan tenggorokan. Harga yang dipatok mulai dari Rp 800.000 sampai pernah tembus jutaan dengan iming-iming karena hasil keluar lebih cepat.

Pemerintah sendiri melalui Kemenkes telah menetapkan tarif batas tertinggi untuk swab PCR mandiri sebesar Rp 900.000. Keputusan itu diambil setelah banyak pihak mengusulkan pemerintah untuk menetapkan standar tarif karena harga selama ini yang terlalu mahal.

Bagaimana dengan yang lainnya? Baca halaman (2)..

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin