Home Gaya

Tanda-Tanda Susah Jadi Orang Kaya

94
Ilustrasi

Kunci untuk hidup sukses atau menjadi kaya salah satunya adalah dengan menabung. Namun, jika sesorang memiliki tanda-tanda berikut ini, kemungkinan besar ia akan susah untuk menjadi kaya, bahkan untuk sekadar menabung.

Tak tahu berapa uang yang dihabiskan

Seseorang bisa saja memiliki ide bagus tentang berapa banyak uang yang masuk setiap bulan. Tapiberapa banyak uang yang keluar untuk segala jenis pembayaran, dia tidak mengingatnya.

Hal itu adalah salah satu petaka, karena kemungkinan besar dia tidak akan menemukan cara untuk mengurangi pengeluaran. Untuk mengetahui dengan tepat berapa dan untuk apa uang yang dihabiskan, sebaiknya setiap pembelian selama beberapa bulan dicatat dalam buku atau telepon seluler.

Tak punya impian menabung

Seseorang tidak bisa sampai ke tujuan jika dia tidak tahu apa yang diinginkan. Maka, pikirkanlah tentang apa yang kita inginkan untuk masa depan, dan buatlah tujuan penghematan yang tepat.

Apakah kita ingin liburan atau tamasya? pendidikan anak-anak? Jika iya, hitunglah berapa biaya yang perlu ditekan untuk kebutuhan masa depan tersebut dan berapa lama. Lalu, mulailah menyisihkan sejumlah uang setiap minggu atau bulan.

Hidup dari gaji ke gaji

Jika seseorang hampir tidak bisa membayar tagihan-tagihan setiap bulan, dan menggantungkan hidup dari gaji-ke-gaji, tentu sangat mustahil untuk mengisi buku tabungan dan menumpuknya menjadi gunungan harta.

Kita perlu meningkatkan penghasilan atau irit dalam belanja. Cara termudah untuk meningkatkan potensi penghasilan adalah dengan meminta kenaikan gaji.

Atau, menemukan pekerjaan paruh waktu atau menetapkan penghasilan pasif. Jika ingin membelanjakan uang lebih sedikit, mulailah dengan membaca strategi menghemat uang dari orang-orang biasa yang membukukan separuh dari penghasilan mereka.

Tak punya dana darurat

Hidup tidak selalu berjalan sesuai rencana. Kita bisa saja kehilangan pekerjaan atau membutuhkan dana darurat untuk medis atau mobil dan sepeda motor yang mogok kapan saja.

Karena itu, sangat penting untuk menyiapkan dana darurat. Jika tidak memprioritaskan dana darurat, kita tidak akan cukup menabung.

Pakar keuangan pribadi, Dave Ramsey, merekomendasikan untuk memulai dana darurat bahkan sebelum menyelesaikan utang. Idenya adalah, bahwa jika biaya besar yang darurat atau tidak terduga muncul, tidak perlu membayar lebih banyak utang untuk menutupinya.

Persiapkan dana jaga-jaga yang berfungsi sebagai bantalan sementara yang membuat kita terbebas dari utang. Setelah utang tak ada lagi, kita bisa mulai membangun dana harian yang lebih lengkap untuk menutupi biaya hidup tiga hingga enam bulan sebagaimana yang direkomendasikan para ahli keuangan.

*****
dari berbagai sumber

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin