Home Kepulauan Riau Karimun Isdianto: Lebih Bermanfaat Motor atau Uang Sekolah Gratis?

Isdianto: Lebih Bermanfaat Motor atau Uang Sekolah Gratis?

585
Isdianto Kepri
Calon Gubernur Kepri, Isdianto bersilaturahmi dengan warga di Masjid Jabal Rahmah, Bukit Dang Merdu, Karimun, baru-baru ini. (F: istimewa)

Barakata.id, Batam – Calon Gubernur Kepri, Isdianto berjanji akan menjalankan program uang sekolah gratis untuk pelajar di Kepri dari tingkat SD hingga SMA/sederajat. Menurut Isdianto, uang sekolah gratis lebih bermanfaat dibanding program bagi-bagi sepeda motor operasional untuk perangkat RT dan RW.

Pada Pilkada Kepri 2020 ini, Isdianto bersama pasangannya, calon Wakil Gubernur Kepri, Suryani memang gencar berkampanye tentang pentingnya pembangunan sektor pendidikan. Menurut pasangan calon nomor urut 2 ini, pendidikan akan dapat membawa Kepri ke masa kegemilangan karena terkait dengan sumber daya manusia (SDM) handal.

Sejak masa kampanye dimulai pada 26 September lalu, pasangan Isdianto-Suryani pasti menyinggung soal pentingnya pembangunan di bidang pendidikan dalam setiap kesempatan kampanye tatap muka dengan masyarakat. Selain pendidikan, pasangan yang dikenal dengan sebutan INSANI ini juga memprioritaskan peningkatan perekonomian masyarakat.

Pada kampanye di Karimun, Sabtu (17/10/20) kemarin, Isdianto kembali menekankan pentingnya pendidikan untuk anak-anak di Kepri. Ia pun tanpa ragu menyebutkan program uang sekolah gratis bagi seluruh pelajar di Kepri yang menuntut ilmu di sekolah negeri.

Untuk sekolah swasta, ia berjanji akan memberi subsidi agar para orangtua murid tidak terlalu terbebani dengan biaya sekolah.

Baca Juga :

Isdianto pun menyinggung soal program calon lain yang dalam kampanyenya bernjanji akan memberikan satu sepeda motor operasional untuk perangkat RT dan RW se-Kepri.

Menurut Isdianto, meski program pemberian motor itu baik, tapi program uang sekolah gratis lebih bermanfaat dan dibutuhkan oleh masyarakat Kepri.

“Biaya pedidikan ini hal yang lebih penting dan mendesak, apalagi di tengah pandemi Covid-19 sekarang ini. Uang sekolah gratis lebih bermanfaat daripada kita buat program untuk memberi motor,” tegasnya di hadapan puluhan warga Kelurahan Sungai Lakam, Karimun.

“Jadi, mana yang lebih bermanfaat, motor atau uang sekolah gratis?” tanya Isdianto. Tanpa dikomandoi, puluhan warga yang hadir di acara kampanye itu langsung menyerukan uang sekolah gratis lebih penting.

Calon petahana itu melanjutkan, program uang sekolah gratis dari tingkat SD hingga SMA/sederajat yang dirancangnya, jelas-jelas akan membantu orangtua siswa. Program ini juga menjadi solusi untuk mencegah atau menekan angka anak putus sekolah di Kepri.

Soal program motor gratis untuk RT dan RW, menurut Isdianto, anggaran yang dibutuhkan cukup besar, bahkan hampir sama dengan program uang sekolah gratis yang dicanangkannya. Berdasarkan perhitungan dia, dengan anggaran yang hampir setara, ia akan memilih program yang manfaatnya jauh lebih besar bagi masyarakat.

“Pembangunan sektor pendidikan ini manfaatnya sangat besar untuk Kepri. Ini salah satu program ungguan INSANI selain peningkatan ekonomi masyarakat, maritim dan kebudayaan. Program uang SPP gratis ini berkaitan erat dengan kemampuan SDM kita di masa mendatang,” katanya.

“Anak-anak kita, adalah generasi harapan Kepri di masa depan. Itu yang harus kita persiapkan dari sekarang. Jangan ada lagi anak-anak kita yang putus sekolah di tengah jalan. Ini benar-benar menjadi perhatian kami,” sambung Isdianto.

Isdianto-Suryani
Pasangan Isdianto-Suryani di rapat paripurna isttimewa penyampaian visi dan misi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (12/10/20). (F: barakata.id/istimewa)

Isdianto meminta masyarakat memegang janjinya, jika ia dan Suryani terpilih memimpin Kepri, proram uang sekolah gratis akan menjadi prioritas yang akan mereka realisasikan.

“Tentu saja, untuk merealisasikan itu, kami membutuhkan dukungan masyarakat. Karena itu jangan lupa, Desember nanti pilih INSANI, Isdianto-Suryani, nomor urut 2,” katanya yang langsung disambut tepuk tangan riuh masyarakat setempat.

Program uang sekolah gratis yang ditawarkan Isdianto pun disambut baik oleh Agustina, Ketua RT 04/RW 02 Kelurahan Sungai Lakam Barat. Menurut dia, di tengah kondisi wabah virus corona ini, masyarakat merasakan perekonomian yang semakin sulit.

Karena itu, masyarakat membutuhkan program pemerintah yang bersentuhan langsung dengan kebutuhan, salah satunya bantuan pendidikan. Ia mengaku sangat setuju jika pemerintah menggratiskan uang sekolah untuk anak-anak pelajar.

“Program SPP gratis Pak Isdianto ini sangat bagus, ini akan sangat membantu orangtua yang punya anak sekolah. Biarlah kami tak dapat motor, tak terlalu berdampak juga, yang penting uang sekolah gratis, itu sudah sangat membantu,” kata dia.

Baca Juga :

Sebagai informasi, program pemberian sepeda motor gratis disampaikan oleh calon Gubernur Kepri nomor urut 3, Ansar Ahmad pada Rabu, 30 September 2020. Saat itu kepada wartawan Ansar mengatakan, bakal memberikan bantuan operasional berupa satu unit sepeda motor kepada ketua RT/RW se-Kepri, jika terpilih sebagai Gubernur Kepri.

Menurut Ansar, kendaraan operasional itu perlu untuk meningkatkan kapasitas dan kinerja RT/RW dalam meningkatkan pelayanan masyarakat di tengah pandemi Covid-19.

“Pak RT/RW itu hampir 24 jam bekerja melayani masyarakat. Mereka harus diapresiasi. Karena itu untuk meningkatkan kapasitas RT/RW, maka kita akan memberikan sarana mobilisasi dalam bentuk sepeda motor,” kata Ansar Ahmad.

Menurut Ansar, pengadaan bantuan sepeda motor itu diperkirakan akan menelan anggaran sekitar Rp200 miliar. Menurut dia, APBD Provinsi Kepri masih sanggup untuk pengadaan bantuan tersebut, dan ia menjamin program itu tidak akan mengganggu program unggulan lain dari pasangan Ansar-Marlin dalam upaya membawa Kepri lebih sejahtera.

*****

Editor : Yuri B Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin