Home Kepulauan Riau Batam

Kampanye ke Pulau-Pulau di Batam, Suryani: Jangan Ada Lagi Anak Putus Sekolah

68
Kampanye Suryani
Calon Wakil Gubernur Kepri dari pasangan nomor urut 2, Suryani menngunjungi masyarakat pulau di Kecamatan Bulang, Kota Batam, Selasa (13/10/20). (F: barakata.id/ist)

Barakata.id, Batam – Calon Wakil Gubernur Kepri, Suryani menggelar kampanye ke sejumlah pulau di Kota Batam, Selasa (13/10/20). Dalam sehari, pasangan dari calon Gubernur Kepri, Isdianto itu mengunjungi warga di empat pulau yang masuk wilayah Kecamatan Bulang.

Kepada masyarakat yang rerata berprofesi sebagai nelayan, Suryani menyampaikan beberapa program unggulan pasangan Isdianto-Suryani (INSANI) jika terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri pada Pilkada 2020 yang digelar Desember nanti.

Empat pulau yang didatangi Suryani adalah Pulau Temoyong, Pulau Selat Nenek, Pulau Cengkui, dan terakhir di Pulau Jaloh. Ia mengatakan, salah satu visi dan misi pasangan INSANI adalah membawa Kepri unggul di bidang maritim.

Untuk mewujudkan hal itu, Suryani menyampaikan bahwa INSANI akan memprioritaskan kesejahteraan masyarakat di wilayah pesisir. Caranya dengan meningkatkan sumber daya manusia yakni dengan memberi pendidikan yang layak kepada anak-anak nelayan.

Baca Juga :

Ia berjanji, jika pasangan INSANI terpilih, akan mengupayakan asuransi gratis bagi nelayan yang ada di Kepulauan Riau. Pasangan nomor urut 2 itu juga akan memberi beasiswa, serta pelatihan budidaya ikan dengan keramba untuk para pemuda di kawasan pesisir.

Menurutnya, dengan SDM yang unggul, potensi perikanan di Kepri akan bisa tergarap maksimal yang akhirnya bermuara pada peningkatkan perekonomian masyarakat nelayan.

Di bidang pendidikan, Suryani menegaskan bahwa anak-anak nelayan harus mendapatkan pendidikan yang layak. Ia ingin tidak ada lagi anak-anak pulau di Kepri yang putus sekolah karena tidak ada biaya.

“Jangan ada lagi anak-anak kita di pulau yang putus sekolah karena tidak ada biaya. Kita akan berikan beasiswa. Akses ke sekolah akan dipermudah. Pendidikan ini sangat penting,” katanya

Menurut anggota DPRD Kepri itu, program wajib belajar 12 tahun harus bisa dilaksanakan dan dinikmati oleh seluruh anak-anak Kepri. Untuk itu, pemerintah berkewajiban memberi fasilitas baik itu gedung sekolah maupun biaya pendidikan.

Meski kewenangan pemerintah provinsi di bidang pendidikan hanya untuk tingkat SMA dan sederajat, tapi Suryani bertekad memberi pelayanan pendidikan untuk semua jenjang umur bagi anak-anak di pulau.

“Saya berharap anak-anak pulau tidak ada lagi yang putus sekolah. Khusus untuk tingkat SMA dan sederajat, kami akan memberi keringanan biaya sekolah,” kata dia.

Bahkan, lanjut Suryani, pasangan INSANI juga akan menyiapkan anggaran pemerintah khusus untuk anak-anak pulau yang kurang mampu dan berprestasi agar dapat melanjutkan pendidikan ke perguruan tinggi atau perkuliahan.

“Nanti bisa kita arahkan anak-anak pulau ini agar mengambil spesialisasi ilmu yang berhubungan dengan perikanan dan kelautan. Setelah mendapat ilmunya, anak-anak kita itu bisa kembali untuk menerapkan ilmunya untuk mengembangkan potensi perikanan di daerah kita,” kata politisi Parta Keadilan Sejahtera (PKS) ini.

Baca Juga :

Di kegiatan kampanye itu, Suryani juga menyinggung tentang besarnya potensi perikanan di Kepri. Ia mengatakan, INSANI sudah menyiapkan program pelatihan pengembangan budidaya perikanan dengan keramba untuk para pemuda di pesisir.

“Potensi perikanan kita sangat besar, ini akan kita kembangkan lagi dengan sistem budidaya keramba. Nanti akan ada pelatihan, termasuk kita upayakan modal usaha untuk meningkatkan produksi perikanan oleh nelayan lokal,” ujarnya.

Pada kesempatan kampanye ke pulau-pulau di Batam itu, Suryani yang didampingi para relawan juga gencar melakukan sosialisasi kepada masyarakat tentang pentingnya mematuhi protokol kesehatan untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19.

Tak lupa, ia juga mengajak masyarakat agar pada Desember 2020 nanti mencoblos nomor urut 2, pasangan Isdianto-Suryani. Ia pun memohon doa restu kepada seluruh masyarakat Kepri agar dirinya bersama Isdianto dapat memimpin dan memawa Kepri menuju era gemilang, dan sejahtera rakyatnya.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin