Home Kepulauan Riau Batam

Program Pendidikan INSANI, Isdianto: Sekolah Negeri Gratis, Swasta Disubsidi

374
Program Pendidikan Isdianto
Calon Gubernur Kepri nomor urut 2, Isdianto menyerap aspirasi masyarakat di wilayah Batuaji, kemarin. (F: istimewa)

Barakata.id, Batam – Pasangan Isdianto-Suryani (INSANI) memasukkan pendidikan dalam skala prioritas program pembangunan Pemerintah Provinsi Kepri, jika menjadi Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri. Selain menggratiskan pendidikan di sekolah negeri, INSANI juga akan memberi subsidi untuk sekolah swasta.

“Dalam visi dan misi INSANI dengan jelas dan tegas disebutkan bahwa pendidikan menjadi prioritas utama agar Kepri memiliki sumber daya yang unggul di bidangnya. Dan sebagai pemerintah, nantinya kami akan memberikan pendidikan gratis untuk anak-anak kita yang belajar di sekolah negeri,” kata calon Gubernur Kepri , Isdianto saat menghadiri silaturahmi bersama relawan masyarakat relawan INSANI di Batam Centre, Rabu (14/10/20).

“Kita juga harus memberikan subsidi kepada sekolah-sekolah swasta. Karena bukan hanya sekolah negeri yang harus hidup, sekolah swasta juga musti kita bantu agar terus hidup dan berkembang,” sambung Isdianto.

Mengapa sekolah swasta juga harus dibantu, menurut Isdianto, tidak semua masyarakat yang menyekolahkan anak-anak mereka di sekolah swasta adalah keluarga dari ekonomi mampu.

Orangtua yang memasukkan anaknya ke sekolah swasta bisa disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya anaknya tidak tertampung di sekolah negeri, lokasi sekolah negeri yang jauh dan lainnya.

Baca Juga :

Karena itu, masyarakat-masyarakat yang tidak mampu, dan anak-anaknya bersekolah di sekolah swasta juga berhak mendapatkan perhatian dari pemerintah. Jika tidak dibantu, menurut Isdianto, masyarakat akan merasa kesulitan dan terbebani.

Sementara, saat ini sekolah-sekolah negeri yang ada juga belum sepenuhnya bisa menampung anak-anak yang mau masuk. Karena itu harus dibagi ke sekolah swasta.

“Kalau pemerintah tidak memberikan subsidi (ke sekolah swasta), saya yakin masyarakat kita banyak juga yang akan terbebani perekonomiannya. Kita kan tahu, di sekolah swasta itu ada beberapa kebijakan dari pengelola yang wajib dipenuhi wali murid seperti uang pembangunan dan kebutuhan lainnya. Nah, hal-hal yang seperti itu bisa disubsidi oleh pemerintah,” kata dia.

Isdianto menegaskan bahwa ia ingin semua anak-anak di Kepri merasakan mengeyam pendidikan di bangku sekolah, baik di negeri maupun swasta. Dengan demikian, kemampuan anak-anak Kepri akan bisa diandalkan untuk bersaing dengan anak-anak dari luar daerah.

Dengan SDM yang handal, lanjut Isdianto, pembangunan Kepri di segala bidang akan bisa terlaksana lebih terukur dana terarah. Muaranya adalah peningkatan kesejahteraan masyarakat.

“Untuk meningkatkan perekonomian Kepri ini, salah satu upayanya juga melalui pendidikan, bagaimana kita mencetak generasi yang unggul, dan berakhlak mulia,” kata dia.

Baca Juga :

Selain itu, lanjut Isdianto, jika ia bersama Suryani terpilih memimpin Kepri, mereka juga akan memogramkan pelatihan-pelatihan keterampilan bagi generasi muda, serta para pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM).

Ia berkeinginan dapat membangun Baai Latihan Kerja (BLK) yang bisa mengasah keterampilan anak-anak muda Kepri. Diharapkan, setelah mendapatkan pelatihan khusus, mereka bisa lebih mudah mendapatkan pekerjaan atau bahkan menciptakan lapangan kerja sehingga angka pengangguran di Kepri bisa ditekan.

“Jadi nanti kita punya sumber daya pekerja yang sudah benar-benar siap dengan keahliannya. Kemampuannya pun sudah tersertifikasi. Mereka bisa masuk ke perusahaan-perusahaan di Kepri atau membangun perusahaan sendiri. Dan pemerintah tentu harus mendukung penuh, mendorong anak-anak kita menjadi wirausahawan yang kompeten sesuai keahliannya,” ujar calon yang merupakan petahana ini.

Pada kesempatan itu, Isdianto mengaku dirinya akan terus berkeliling menemui masyarakat demi menjaring aspirasi. Dari aspirasi masyarakat itu, pemerintah bisa menyusun program yang akan dikerjakan.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin