Home Kepulauan Riau

Isdianto-Suryani Siapkan 6 Jurus Bawa Kepri Gemilang

7
Isdianto-Suryani
Pasangan Isdianto-Suryani di rapat paripurna isttimewa penyampaian visi dan misi calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Dompak, Tanjungpinang, Senin (12/10/20). (F: barakata.id/istimewa)

Barakata.id, Tanjungpinang – Pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Isdianto-Suryani menyiapkan enam jurus untuk membawa masyarakat di daerah itu lebih sejahtera dan gemilang. Jurus-jurus tersebut diungkap Isdianto-Suryani dalam rapat paripurna istimewa di gedung DPRD Kepri, Tanjungpinang, Senin (12/10/20).

Pada paripurna dengan agenda penyampaian visi dan misi pasangan calon Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri, Isdianto-Suryani menyatakan bahwa mereka siap mengabdikan diri kepada masyarakat Kepri dan juga negara Indonesia.

Pasangan nomor urut 2 itu bertekad meneruskan program pembangunan yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh pemerintah daerah, sambil melakukan berbagai terobosan baru agar perekonomian masyarakat bisa tumbuh dan berkembang. Pasangan yang menyebut diri mereka dengan INSANI itu menetapkan visinya yakni “Terwujudnya Provinsi Kepri Sebagai Bunda Tanah Melayu yang Maju, Gemilang, Relijius dan Unggul di Bidang Maritim”.

Isdianto mengatakan, agar visi tersebut terwujud, mereka akan melaksanakan enam misi dimana di setiap misinya terdapat 10 program unggulan.

“Program-program unggulan itu yang akan kami sampaikan pada kesempatan ini,” kata Isdianto.

Baca Juga :

Berikut 6 misi pasangan INSANI beserta jurus yang akan mereka mainkan jika nantinya terpilih sebagai Gubernur dan Wakil Gubernur Kepri.

1. Meneruskan pembangunan di sektor pendidikan dan kebudayaan yang maju dengan meningkatkan kualitas baik sarana prasarana maupun sumber daya manusia (SDM), serta menjamin pemerataan akses pendidikan agar terbentuk peserta didik yang unggul, berprestasi dan berakhlak mulia.

Misi pertama ini akan diselenggarakan dengan cara:

  • Menjamin ketersediaan pendikan gratis sampai tingkat SLTA di sekolah negeri dan memberi subsidi pendidikan untuk sekolah swasta serta memberikan beasiswa untuk anak Kepri berprestasi.
  • Mendorong penguatan pendidikan karakter untuk membangun SDM Unggul dan berahlak mulia.
  • Pelestarian budaya melayu untuk menegaskan Kepri sebagai Bunda Tanah Melayu.
  • Memajukan sektor pendidikan informal dengan mendirikan sejumlah BLK (Balai Latihan Kerja) dalam rangka menjamin kualitas tenaga kerja lokal.

2. Meneruskan pembangunan sektor kesehatan yang maju dengan meningkatkan kualitas dan kuantitas layanan termasuk optimalisasi tenaga kesehatan yang unggul dan profesional serta mendorong pelaksanaan hidup bersih dan sehat.

Misi kedua akan diselenggarakan dengan cara:

  • Menjamin akses terhadap layanan kesehatan gratis bagi masyarakat Kepri.
  • Menjamin ketersediaan sarana dan prasarana penanganan dan pengendalian penyakit menular termasuk Covid-19.
  • Menyiapkan tenaga kesehatan yang berkualitas dan merata disemua daerah.

3. Meneruskan pembangunan sektor perekonomian yang maju dan unggul dengan struktur ekonomi yang produktif dan berdaya saing.

Misi kedua akan dilaksanakan dengan cara:

  • Mewujudkan perluasan kawasan FTZ sebagai basis percepatan pertumbuhan ekonomi di semua kabupaten/kota.
  • Menguatkan ekonomi kerakyatan yang didukung sektor industri dan usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) yang tangguh.
  • Memberikan bantuan modal usaha bagi pelaku UMKM.
  • Memberikan hak-hak pekerja dan mengembangkan sumber daya manusia (SDM) termasuk tenaga kerja lokal yang terampil dan siap pakai.

4. Memeneruskan pembangunan sektor maritim yang unggul dengan fokus pada peningkatan konektivitas wilayah agar terjadi pemerataan.

Misi ketiga akan dilaksanakan dengan cara:

  • Meneruskan pengembangan ekonomi berbasis maritim, pariwisata dan pertanian untuk mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi di luar kawasan FTZ dan mengurangi kesenjangan antarwilayah.
  • Mewujudkan pendidikan berbasis maritim sebagai salah satu jaminan sumber daya manusia yang unggul dan handal.
  • Pengembangan program unggulan kawasan pedesaan (kluster ekonomi) untuk meningkatkan pendapatan nelayan dan petani.

Baca Juga :

5. Meneruskan pembangunan sektor agama dan sosial kemasyarakatan sehingga terbangun kehidupan yang rukun, aman, damai, sejahtera.

Misi kelima ini akan diselenggarakan dengan cara:

  • Meningkatkan kualitas sumber daya manusia (INSANI) yang beriman, dan bertaqwa, berdaya saing, bermartabat, serta membangun ketahanan keluarga yang kokoh.
  • Menjamin perlindungan sosial bagi korban bencana dan komunitas adat terpencil serta kelompok rentan.
  • Pemberian bantuan bagi penyandang disabilitas dan kelompok masyarakat pemerlu pelayanan kesejahteraan sosial.
  • Mewujudkan terciptanya kehidupan bermasyarakat yang agamis, tertib, rukun dan damai di bawah payung budaya Melayu.

6. Meneruskan pembangunan tata kelola pemerintahan yang baik, bersih, profesional dan responsif.

Misi keenam akan diselenggarakan dengan cara:

  • Mewujudkan tata kelola pemerintah yang bebas korupsi dan gratifikasi dengan mengedepankan tranparansi dan akuntabilitas.
    Membentuk karakter ASN yang berkualitas, memiliki etos kerja yang tinggi, disiplin dan mampu melayani dengan ramah dan cepat.
  • Usai menyampaikan visi dan misinya, pasangan INSANI menyampaikan bahwa program-program yang mereka rancang dan akan dilaksanakan itu tidak akan berjalan maksimal tanpa ada dukungan dari semua elemen masyarakat.

“Karena itu, pada kesempatan ini kami memohon doa, restu dan dukungan dari seluruh masyarakat Kepri. Semoga ke depan bersama INSANI Kepri semakin maju daerahnya dan sejahtera masyarakatnya,” ujar Isdianto.

*****

Editor : YB Trisna

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin