Home Gaya Kesehatan

Peneliti Sebut Povidone-Iodine Efektif Bunuh Virus Corona

59
Peneliti di Singapura menyebut PVP-I yang mengandung antiseptik efektif membunuh virus corona dalam waktu 30 detik. (F : Daily Mail)

Barakata.id – Peneliti di Duke National University of Singapore mengklaim povidone-iodine (PVP-I) efektif membunuh virus corona. Kandungan dalam antiseptik tersebut disebut dapat melawan virus SARS-CoV-2.

Penelitian ini memberikan bukti bahwa PVP-I dapat membunuh virus tersebut dalam waktu 30 detik setelah terpapar. Penelitian menggunakan metode tes suspensi untuk mematikan virus.

Studi dilakukan terhadap empat produk berbeda yang mengandung konsentrasi PVP-I. Keempat produk itu adalah larutan antispekti dengan konsentrasi PVP-I 10 persen, pembersih kulit dengan konsentrasi 7,5 persen, obat kumur dengan konsentrasi 1 persen dan semprotan tenggorokan dengan konsentrasi 0,45 persen.

Baca Juga : 
Regimen Kombinasi Obat dan Stem Cell Efektif Lumpuhkan Virus Corona

Berdasarkan empat jenis produk itu, hasilnya 99 persen proses mematikan virus terjadi dalam waktu 30 detik setelah kontak.

“Penelitian ini memberikan bukti aktivitas virucidal PVP-I yang efektif terhadap SARS-CoV-2. Produk berbasis PVP-I tersedia secara luas untuk penggunaan medis, untuk penggunaan kebersihan pribadi, yang dapat diintegrasikan ke dalam langkah-langkah pencegahan Covid-19,” tulis para penliti dalam catatan studi.

Penelitian ini menganjurkan penggunaan semprotan tenggorokan dan obat kumur sebagai salah satu pencegahan infeksi. PVP-I sendiri merupakan bahan antiseptik yang telah lama digunakan dalam praktik medis. Bahan ini umumnya digunakan untuk pengobatan dan pencegahan infeksi pada luka atau untuk menjaga kebersihan.

Kemampuan antiseptik untuk membunuh patogen seperti virus dan bakteri memperkuat anggapan tersebut. Berkumur dengan antiseptik merupakan tindakan kebersihan umum yang dilakukan di banyak negara, sama halnya dengan praktik mencuci tangan.

Baca Juga :
Obat Baru Ditemukan, Jangan Abai Protokol Kesehatan

Mengutip New York Times, sebagian besar studi menunjukkan berkumur dapat membantu mencegah dan mengobati bagian atas dan bawah infeksi pernapasan.

Ada sedikit bukti untuk manfaat antimikroba potensial dari solusi berkumur lainnya. Antiseptik listerin, misalnya, telah terbukti memiliki aktivitas antivirus dalam studi tabung uji laboratorium terhadap beberapa virus yang terpapar selama 30 detik. Meskipun penelitian ini belum dilakukan secara spesifik terhadap virus corona.

Sebuah studi eksperimental di Jepang menemukan efektivitas kumur-kumur dengan antiseptik povidone-iodine. Penelitian itu menemukan bahwa PVP-I efektif dapat mengatasi penyakit pernapasan kronis. Caranya dengan berkumur sebanyak empat kali atau lebih dalam sehari. Berkumur-kumur dengan povidone iodine juga dapat menurunkan angka infeksi pernapasan akut hingga 50 persen.

Berkumur dengan antiseptik yang mengandung povidone-iodine fektif untuk mencegah infeksi pernapasan. Namun, belum ada bukti kuat yang menyebutkan bahwa cara tersebut efektif untuk melawan virus corona. Masih perlu dilakukan penelaahan lebih lanjut yang umumnya dilakukan para ahli untuk membuktikan valid tidaknya hasil studi tersebut.

****
Sumber : CNN Indonesia

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin