Home Kepulauan Riau Batam

Kadin Batam Adakan 1.000 Rapid Test Gratis

63
Dokter Kepri Covid-19
Ilustrasi. Masyarakat mengikuti rapid test gratis yang diselenggarakan Kadin Batam, Kamis (2/7/20). (F: barakata.id/ist)

Barakata.id- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Batam mengadakan 1.000 rapid test gratis. Kegiatan yang diselenggarakan di halaman Graha Kadin Batam itu diadakan mulai Kamis-Sabtu (2-4/7/20). Sebelumnya Kadin Batam juga menyerahkan 1.000 alat rapid test kepada Pemerintah Kota (Pemko) Batam.

Ketua Kadin Batam Jadi Rajagukguk mengatakan rapid test gratis ini merupakan program lanjutan Kadin Batam di masa pandemi. Awal Maret lalu pihaknya bersama Satgas Gugus Tugas Covid-19 Batam dan Brimob Polda Kepri melakukan penyemprotan disinfektan ke rumah ibadah, sekolah dan ruang publik.

“Setelah itu Kadin Batam juga bagi-bagi masker dan sembako,” tutur Jadi, Kamis (2/7/20).

Rapid test ini bekerjasama dengan Satgas Gugus TugasCovid-19 (Pemko Batam), BP Batam, Dinas Kesehatan Batam, RS Bhayangkara Polda Kepri dan RS Awal Bros Batam. Di hari pertama, antusias masyarakat cukup tinggi. Namun ada juga yang kecewa dan mempertanyakan kepada pihak pelaksana ketika tahu rapid test itu tak disertai dengan surat keterangan hasil rapid test. Surat tersebut saat ini memang sangat diperlukan saat akan melakukan perjalanan menggunakan transportasi udara maupun laut.

Baca Juga:
Ini Dia Syarat Rapid Test Gratis dari Citilink

“Tujuan rapid test ini adalah membantu pemerintah dalam rangka memutus rantai penyebaran Covid-19. Kalau surat keterangan kami tidak keluarkan. Karena itu wewenang dokter, klinik dan rumah sakit,” kata Jadi.

Kendati surat keterangan tak dikeluarkan, tapi peserta yang ikut tes tetap diberi tahu hasil tesnya. Sehingga dapat membantu masyarakat mengetahui kondisi kesehatan dirinya.

“Kalau reaktif nanti akan ada pilihan apakah karantina mandiri atau difasilitasi ke RS rujukan Covid-19,” kata dia.

Baca Juga:
Lion Air Group Beri Layanan Rapid Test, Hanya Rp 95.000

Rapid test gratis ini terbuka untuk umum. Syaratnya cukup membawa KTP dan mendaftar di lokasi. Kegiatan dilakukan mulai pukul 09.00- 15.00.

Sekda Pemko Batam yang juga Sekretaris Satgas Gugus Tugas Covid-19 Kota Batam Jefridin mengatakan rapid test itu sangat membantu. Memudahkan masyarakat mengetahui apakah dirinya reaktif atau tidak.

“Sehingga gampang melakukan tindakan preventif,” kata dia saat membuka kegiatan 1.000 Rapid Test Gratis Kadin Batam.

****

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin