Home Nusantara HLUN Ke-25, Pemkot Blitar Tingkatkan Gizi Lansia

HLUN Ke-25, Pemkot Blitar Tingkatkan Gizi Lansia

7
Wali Kota Blitar, Santoso saat menyampaikan sambutan dalam peringatan Hari Lanjut Usia ke 25, di Balai Kusuma Wicitro, Kota Blitar, Rabu (16/6/2021). Foto : Achmad/barakata.id
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Blitar (Jatim) – Wali Kota Blitar, Santoso menyebut bahwa usia harapan hidup di Kota Blitar mencapai 73,75 tahun. Capaian itu berkat upaya yang dilakukan Pemerintah Kota (Pemkot) Blitar selama ini dengan menyejahterakan para lansia.

Sejumlah upaya yang telah dilakukan oleh Pemkot Blitar, kata Santoso, salah satunya dengan cara mengadakan senam untuk para lansia. Dan yang paling penting adalah senantiasa memenuhi kebutuhan gizi para lansia.


“Kemudian pemeriksaan kesehatan mereka (para lansia) secara rutin. Dan juga adanya pertemuan-pertemuan dalam rangka pemberian wawasan dan gambaran kesehatan kepada lansia,” kata Santoso, saat menghadiri Pemeriksaan dan Penyuluhan Lansia dalam Peringatan Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke 25, di Balai Kusuma Wicitro, Kota Blitar, Rabu (16/6/2021).

Baca Juga :

Menurut Santoso, upaya peningkatan kesejahteraan lansia tersebut juga untuk tetap melibatkan peran para lansia. Karena selama ini seringkali para lansia dianggap sudah tidak mempunyai fungsi lagi.

“Ini adalah momentum yang sangat bagus dari lansia, sehingga kita tidak memandang mereka sebagai orang yang sudah tua dan renta, tapi juga memandang sebagai orang yang mempunyai kontribusi,” ungkap Santoso.

“Mereka itu masih bisa kita minta pengalaman-pengalamannya. Sehingga mereka tetap semangat. Itu merupakan slaah satu bagian dari cara melibatkan peran para lansia,” tambahnya.

Apabila para lansia bisa disejahterakan dan diberikan peran dalam kehidupan sehari-hari, maka semangatnya tetap terjaga. Hal itulah yang mampu memberikan pengaruh untuk berpartisipasi dalam pembangunan di Kota Blitar.

“Tentunya kita berharap mereka bisa berkontribusi dalam mendukung program-program pemerintah yang ada di Kota Blitar,” lanjutnya.

Santoso berpesan, kepada para lansia di Kota Blitar untuk tetap semangat dalam berpartisipasi aktif kepada pemerintah kota Blitar, mengingat betapa pentingnya peran yang diberikan. Dengan sebab itu pula kegiatan pengarahan dan penyuluhan kepada lansia selalu diadakan.(adv/humas).

Reporter : Achmad Zunaidi

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin