Home Kepulauan Riau Batam Pemko Batam Serahkan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2020

Pemko Batam Serahkan Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2020

Ranperda Pertanggunajawaban APBD 2020
Wali Kota Batam Muhammad Rudi menyerahkan Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Kota Batam tahun anggaran 2020 kepada DPRD Batam, Rabu (16/6/21). (F: Humas Pemko Batam)
Himbauan Pemprov Kepri

Ikuti kami di Google Berita

Barakata.id, Batam- Pemko Batam menyerahkan Ranperda pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Batam tahun 2020 kepada DPRD Batam.

Ketua DPRD Batam Nuryanto yang langsung menerima Ranperda Pertanggungjawaban tersebut, Rabu (16/6/21). Penyerahan Ranperda pertanggungjawaban itu dilaksanakan bersama dengan rapat paripurna di Gedung DPRD Batam.

Ranperda Pertanggungjawaban Pelaksanaan APBD Tahun Anggaran 2020 ini merupakan hasil laporan keuangan yang telah diaudit oleh Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) RI Kepulauan Riau.

Baca Juga:

Laporan keuangan tersebut telah diserahkan kepada DPRD Kota Batam dan Pemerintah Kota Batam pada tanggal 07 Mei 2021 yang lalu dengan opini Wajar Tanpa Pengecualian (WTP).

Dengan diraihnya opini WTP di tahun 2020, maka ini merupakan ke sembilan kalinya berturut-turut penghargaan itu diraih Batam.

Wali Kota Batam Muhammad Rudi mengatakan, dengan memperoleh opini tersebut, secara umum laporan keuangan Pemko Batam telah sesuai prinsip Standar Akuntansi Pemerintahan (SAP).

Rudi menyebut pencapaian tersebut adalah hasil usaha dan komitmen bersama Pemko Batam dengan DPRD Batam serta dukungan masyarakat. Dia berharap pencapaian ini menjadi pendorong terciptanya akuntabilitas dan transparansi pengelolaan keuangan dalam penyelenggaraan pemerintahan di Batam.

“Kami menyampaikan terima kasih dan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan dan segenap anggota DPRD Kota Batam yang selama ini telah memberikan dukungan dan kerja sama sehingga laporan keuangan Pemko Batam Tahun Anggaran 2020 mendapatkan opini WTP kembali,” kata Rudi.

Laporan keuangan itu nantinya tak hanya sebagai sarana pertanggungjawaban, tapi juga jadi dasar pengambilan keputusan dalam perencanaan dan penganggaran.

Rudi juga mengapresiasi jajaran di lingkungan Pemko Batam yang telah menyajikan laporan keuangan sesuai standar SAP.

Baca Juga:

“Meskipun telah mendapatkan Opini WTP dari BPK, namun masih ada catatan-catatan yang harus menjadi perhatian dalam rangka perbaikan kinerja dalam tata kelola keuangan pada masa yang akan datang,” kata Rudi.

Pencapaian ini diapresiasi oleh Ketua DPRD Batam, Nuryanto.

“Capaian tersebut, sebagai motivasi untuk meningkatkan transparansi keuangan daerah,” ujarnya.

***

Editor: Asrul R

SebelumnyaHLUN Ke-25, Pemkot Blitar Tingkatkan Gizi Lansia
SelanjutnyaJadwal Vaksinasi di Temenggung Abdul Jamal Dibagi per Kecamatan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin