Home Nusantara

Gelar Vaksinasi Covid-19 Massal di Desa Bilal, Ini Target Binda NTT

14

Barakata.id, Larantuka- Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Nusa Tenggara Timur (NTT), menggelar kegiatan vaksinasi Covid-19 secara massal di Desa Bilal, Kecamatan Adonara Timur, Kabupaten Flores Timur pada Minggu (23/1/2022).

Kegiatan ini bekerjasama dengan pihak Puskesmas Waiwerang. Target dari pelaksanaan vaksinasi tahap I dan II untuk masyarakat umum serta lansia di Desa Bilal dan sekitarnya sebanyak 500 orang, untuk jenis vaksin Sinovac dan AstraZeneca.

Kepala Puskesmas Waiwerang, Martinus Sanga mengaku senang atas antusias masyarakat Desa Bilal dan sekitarnya sangat tinggi untuk mendapatkan vaksin, seiring program pemerintah mewujudkan masyarakat sehat dan terbebas dari Covid-19, yakni Indonesia Sehat Indonesia Hebat.

Baca juga: BINDA Jatim Gelar Vaksinasi di Blitar Sasar Pondok Pesantren

Lanjut Martinus, target Binda NTT akan melakukan kegiatan vaksinasi hingga mencapai 100%, khususnya di wilayah Flores Timur. Ia berharap semua pihak proaktif dalam kegiatan vaksinasi tersebut.

“Kegiatan ini merupakan energi positif dari Binda NTT untuk mendukung program Pemerintah Pusat, terutama Pemerintah Flores Timur untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19,” ungkap Martinus.

Sementara dr Priska Yuliana Suban, dari Puskemas Waiwerang yang menangani pelaksanaan vaksinasi mengatakan, berbagai upaya telah dan akan terus dilaksanakan oleh Pemerintah Kabupaten Flores Timur, khususnya di wilayah Kecamatan Adonara Timur.

Baca juga: Vaksinasi Booster untuk Masyarakat Indonesia Akan Dimulai 12 Januari 2022

Tujuamnya, lanjut dr. Priska, untuk mensukseskan implementasi program vaksinasi, tentunya dengan mengerahkan seluruh pihak terkait untuk menjangkau sebanyak mungkin sasaran vaksinasi dengan slogan ‘Sampai ke Pelosok Desa’.

Kegiatan vaksinasi tersebut, tambah dr. Priska, merupakan dukungan penuh dari Binda NTT. Ia merasa bersyukur, lantaran kegiatan berjalan dengan baik dan sesuai SOP. Tentunya penerapan protokol kesehatan dilakukan secara ketat.

“Kami dari tenaga medis Puskesmas Waiwerang siap melayani kegiatan vaksinasi. Kami bersyukur, antusias warga sangat tinggi untuk mendaftar, baik pelajar maupun masyarakat umum,” ungkapnya.

dr. Priska berharap, melalui hubungan kemitraan dengan pemerintah agar bisa mendatangkan lebih banyak lagi Vaksin, sehingga seluruh warga dapat terlayani.

Baca juga: Vaksinasi Anak Usia 6-11 Tahun di Batam Capai 133.051 Dosis

“Ucapan terimakasih, kami sampaikan kepada pihak Binda NTT serta Kepala Desa Bilal atas dukungannya serta menyediakan segala fasilitas dalam rangka mensukseskan pelaksanaan vaksinasi massal kali ini,” ungkapnya.

Di tempat yang sama, Kepala Desa Bilal, Taher Mahmud menyampaikan ucapan terimakasih kepada pihak Binda NTT, Kepala Puskesmas Waiwerang serta seluruh tim Tenaga Kesehatan (Nakes) yang telah memilih Desa Bilal sebagai tempat pelaksanaan kegiatan vaksinasi secara massal kali ini.

Betapa tidak. Taher yang baru dilantik menjabat sebagai Kepala Desa Bilal periode 2021 – 2027 oleh Bupati Flores Timur pada 4 Januari 2022 itu mengaku baru tahap I mendapatkan suntikan vaksin Covid-19 jenis Sinovac.

Baca juga: Penting, Ini Manfaat Vaksinasi untuk Anak

“Alhamudulillah kegiatan berjalan lancar. Antusias masyarakat pun sangat tinggi untuk mendapatkan vaksin kali ini. Karena vaksinasi Covid-19 ini yang pertama kali digelar di Desa Bilal,” ujar Taher.

Pria empat anak ini mengatakan, sebanyak 168 orang mendapatkan vaksinasi Covid-19, dari target vaksinasi khusus untuk masyarakat Desa Bilal 200 orang. Artinya, kata Taher, masyarakat Desa Bilal sangat mendukung adanya program pemerintah, baik Pemerintah Pusat maupun daerah khususnya Pemerintah Kabupaten Flores Timur yakni, Indonesia Sehat Indonesia Hebat.

“Vaksinasi Covid-19 ini sangat penting untuk diri kita, keluarga kita dan orang lain agar terhindar dari wabah. Sekaligus kita ikut mendukung program pemerintah untuk memutus mata rantai penyebaran virus yang mematikan ini,” pungkas Taher. (ali)

Dapatkan update berita setiap hari di Barakata.id. Yok! bergabung di Grup Telegram "KATA BARAKATA", caranya klik link https://t.me/SAHABATKATA, kemudian join. Juga ikuti Barakata.id di Google Berita. Lihat selengkapnya.

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar Anda!
Silakan masukkan nama Anda di sin